'Teknologi Bukan Ancaman, Tapi Membuka Lapangan Pekerjaan'

Bali - Seringkali teknologi menjadi kambing hitam karena menggeser industri konvensional dan dianggap menghilangkan lapangan pekerjaan. Pola pikir seperti itu masih menjadi pekerjaan rumah di berbagai sektor sampai saat ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebutkan bahwa teknologi tidak menghilangkan lapangan pekerjaan. Justru hal itu sebaliknya, kata Rudiantara.

"Saya tidak percaya (teknologi menghilangkan pekerjaan). Saya percaya kalau dengan digital itu akan membuka lapangan pekerjaan baru," ungkap Rudiantara di sela-sela acara peresmian coworking space Ku{m}pul di Seminyak, Bali (1/3/2018).

Menkominfo pun menceritakan bahwa ada satu perusahaan e-commerce mengatakan kepadanya kalau mereka terus mencari sumber daya manusia baru, itu untuk memperkuat pelayanan kepada konsumen.

Lebih lanjut, Rudiantara mengungkapkan sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap industri teknologi ini, Kementerian Kominfo tidak akan banyak mengeluarkan banyak kebijakan.

Misalnya saja, untuk perusahaan rintisan atau startup, maka tidak perlu izin hanya dengan registrasi saja dinilai sudah cukup. Lalu, Kominfo juga memperpendek jalur masuk untuk smartphone global ketika masuk ke Indonesia.

"Kita harus ubah mindset. Kalau terus meregulasi nanti akan ditinggalkan, tidak akan maju. Regulator harus jadi fasilitator yang kemudian jadi akselerator," sebut pria yang disapa Chief RA ini. (agt/afr)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments