Sidik Jari untuk Identifikasi Manusia Sejak 1880

JAKARTA – Sidik jari manusia berbeda-berbeda, keunikan ini menjadi salah satu metode yang kerap digunakan untuk penyelidikan. Dalam buku ‘Miracles of Al-Qur'an & As-Sunnah’, setelah penelitian yang dilakukan oleh Sir Francis Golt, sidik jari (fingerprint) menjadi metode ilmiah identifikasi pada 1880.

Dengan mengandalkan sidik jari, maka membantu pihak kepolisian di seluruh dunia guna mengidentifikasi pelaku tindak pidana. Sebelumnya, perdebatan terjadi mengenai bagaimana kebangkitan manusia yang telah mati dan tulangnya hancur akan diidentifikasi pada hari akhir.

BERITA TERKAIT +

Rupanya sidik jari manusia yang berbeda-beda telah dijelaskan dalam Alquran yang membahas rekonstruksi ujung jari. “Apakah manusia mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya. (Bahkan) Kami mampu menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna,” Surah Al-Qiyamah Ayat 3-4.

Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Kesempurnaan Bentuk Manusia

Dijelaskan Harun Yahya, sistem pengkodean dalam sidik jari dapat disamakan dengan sistem kode garis (barcode) seperti yang banyak digunakan saat ini. Penekanan pada sidik jari memiliki makna sangat khusus.

Hal itu disebabkan sidik jari setiap orang khas bagi dirinya sendiri. Ini juga menjadi alasan sidik jari digunakan sebagai kartu identitas yang sangat penting bagi pemiliknya dan digunakan di seluruh penjuru dunia.

Baca juga: Tubuh Manusia Miliki Sistem Pendingin Dijelaskan Alquran dan Sains

Sensor Sidik Jari pada Ponsel

Banyak smartphone yang kini sudah memiliki fitur pemindai sidik jari. Berikut ini beberapa keunggulan teknologi sensor sidik jari yang terdapat pada ponsel.

Anda dapat menggunakan pemindai jari untuk mengunci folder dan galeri tertentu. Hal ini berguna untuk keamanan data privasi Anda. Anda juga dapat memanfaatkan fingerprint untuk membuka aplikasi tertentu. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sensor sidik jari untuk membantu Anda mengabadikan objek foto.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments