Sejarah Borgol yang Ditemukan Sejak Pertengahan Abad Ke-19

JAKARTA - Borgol memiliki persyaratan desain yang tidak biasa dan kontradiktif. Borgol haruslah ringan dan efisien saat dipasang dan dilepas oleh pelaku. Selain itu, ia harus menahan pergelangan tangan yang cukup lama, baik borgol berbahan tebal maupun tipis.

Dilansir dari Gizmodo, borgol semakin mendekati standar yang layak dipakai pada 1912 saat George Carney menemukan Swing cuff atau serupa dengan gelang. Desain ini berevolusi karena sebelumnya petugas penegak hukum hanya menggunakan borgol untuk satu tangan saja. Hal ini tentunya dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan dalam penggunaan.

BERITA TERKAIT +

Sebelum pertengahan abad ke-19, sejumlah metode gagal di berbagai titik. Di Inggris, alat menyakitkan karena melibatkan apparatus logam yang membentuk angka delapan. Hanya penjahat paling kejam saja yang menjadi sasaran belenggu karena nanti akan melukai penggunanya saat bergerak.

Desain borgol menjadi semakin usang saat Harry Houdini menunjukkan bahwa jika seseorang memukul sesuatu cukup keras, pin internal akan terlepas. Di Amerika Serikat, pendahulu borgol adalah logam tunggal yang keras dan membentuk oval besar. Lingkaran pertamanya digunakan untuk kedua tangan tahanan, sedangkan lingkaran ke dua digunakan petugas untuk tetap memegang.

Baca juga: Sejarah Gunting Kuku yang Dahulu Mirip Alat Pengupas Buah

Tapi ternyata alat yang paling berbelit untuk tahanan ialah twister, merupakan rantai penghubung dengan logam T yang terpasang. Rantai tersebut menggelincir ke kedua tangan dan logam T dipelintir sampai lengan. Ini merupakan alat untuk orang yang melanggar hukum dan pastinya menyakitkan.

Saat George Carney menemukan swing cuff pada 1912 di Boston, mekanismenya sangat sederhana. Swing cuff memiliki busur dengan gigi yang berayun 360 derajat melalui bagian bawah baja ganda dan ini akan terus berputar sampai menyentuh pergelangan tangan.

Baca juga: Sejarah Teknologi Kapal Laut Sejak 10 Ribu Tahun Lalu

Di tahun 1914, Peerless Handcuff Company meluncurkan sesuatu unutk mengiklankan dan menjual swing cuff. Ini di desain relatif sederhana, lebih mudah digunakan, dan lebih ringan dari yang sebelumnya. Ide Carney ini menjadi inovasi terbesar dalam teknologi borgol yang pernah ada.

Pada akhir 2011, National Institue of Justice memperbarui persyaratan untuk handcuff dengan peningkatan kekuatan dan target kinerja yang belum pernah terjadi sejak 1970. Standar baru ini mencakup pergelangan kaki untuk pertama kalinya dan diharapkan dapat menciptakan borgol lebih efisien dan mengurangi rasa sakit.

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments