Salip Pixel 2, Kamera Galaxy S9+ Puncaki Skor DxOMark

Jakarta - Upaya Samsung meningkatkan kamera Galaxy S9+ tak sia-sia. Sebab, ponsel ini mampu menyalip Pixel 2 sehingga memuncaki daftar ponsel berkamera terbaik versi DxOMark.

Seperti diketahui DxOMark kerap menguji kemampuan kamera. Tidak saja mirrorless dan DSLR, tapi juga kamera yang ada di ponsel.

Sudah lima bulan ini Pixel 2 berada di puncak daftar smartphone yang memiliki kamera terbaik. Bahkan iPhone X tidak dapat menyalip skor yang diraih oleh ponsel besutan Google itu.

DxOMark memberikan nilai 98 pada Pixel 2. Sementara ponsel layar penuh besutan Apple hanya meraih nilai 97.

Kini singgasana yang ditempati Pixel 2 harus berganti dengan Galaxy S9+ yang baru saja dirilis. Ponsel Samsung itu berhasil melampaui nilai nyang ditorehkan oleh Pixel 2.

Salip Pixel 2, Kamera Galaxy S9+ Puncaki Skor DxOMarkFoto: DxOMark

Perangkat penerus Galaxy S8 itu mendapat nilai 99. Skor tersebut diberikan karena DxOMark menilai S9+ punya kinerja yang sangat baik di beragam kondisi pengujian.

Pada pengujian pengambilan foto, S9+ mendapat nilai 104. Poin tersebut adalah yang tertinggi untuk saat ini. Sementara untuk uji video, ponsel ini hanya mendapat nilai 91, masih berada di bawah Pixel 2 yang meraih skot 96.

Dengan pencapaian Galaxy S9+, pakar di DxOMark menilai ponsel ini nyaris tidak memiliki kelemahan. Mereka lantas merekomendasikan ponsel ini untuk memenuhi kebutuhan fotografi mobile.

Salip Pixel 2, Kamera Galaxy S9+ Puncaki Skor DxOMarkFoto: DxOMark

Untuk diketahui Galaxy S9+ hadir dengan dua kamera di bagian belakangnya. Ukuran masing-masing 12 MP dan dibekali OIS.

Kamera utamanya sendiri mengusung fitur Super Speed Dual Pixel yang baru. Membuat lebih cepat dan tepat dalam memfokuskan gambar, serta mengurangi noise yang timbul saat memotret di daerah kurang cahaya.

Selain itu Samsung menghadirkan aperture yang dapat beralih antara bukaan f / 1.5 yang lebar dan aperture f / 2.4. Dengan diagfragma f/1.5 membuat cahaya yang masuk ke dalam sensor menjadi lebih banyak.

Salip Pixel 2, Kamera Galaxy S9+ Puncaki Skor DxOMarkFoto: DxOMark

Ini membantu Galaxy S9 digunakan maksimal dalam kondisi minim cahaya. Samsung menyebutnya Super Low Light. Sementara bukaan f/2,4 cukup berguna untuk memotret di tempat yang terlalu terang. Gambar jadi lebih detail saat dipotret.

Kamera kedua menggunakan lensa dengan focal length lebih panjang alias telephoto dengan bukaan f/2,4. Gunanya untuk menghasilkan efek portrait mode milik Samsung yang bernama Live Focus.

Selain untuk memotret, kamera Galaxy S9+ bisa dipakai untuk merekam video slow motion dengan frame rate sangat tinggi, maksimal 960 fps (di resolusi 720p). Samsung menjanjikan ponsel ini akan menghasilkan video slow motion yang sangat memukau. (afr/fyk)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments