Peneliti Uji Teori Einstein saat Bintang Lewati Lubang Hitam

JAKARTA - Dalam beberapa bulan, para astronom akan menunjuk teleskop ke Sagittarius A, lubang hitam supermasif di pusat galaksi. Hal ini dilakukan untuk menguji teori relativitas umum Einstein.

Dilansir dari Sciencealerts, bintang ini disebut SO-2 yang merupakan salah satu kelas bintang yang dikenal sebagai bintang S yang memiliki orbit dekat dengan Sagittarius A. Bintang tersebut memiliki massa yang diperkiraan sekira 4,3 juta matahari.

SO-2 dianggap istimewa, ia merupakan satu dari dua bintang yang dekat dengan lubang hitam di orbit elipsnya, yang berarti kemungkinan untuk menunjukkan efek Tarik gravitasi raksasa lubang hitam tersebut saat berputar sekitar sekali dalam 16 tahun.

Menurut relavitas umum, cahaya yang dipengaruhi oleh medan gravitasi yang kuat akan terentang atau redshifted. Orbit juga akan bergeser sehingga sedikit berubah lintasannya.

Saat SO-2 bergerak mendekati jarak terdekatnya dengan jarak tempuh 17 jam cahaya dari pusat galaksi, atau sekira empat kali jarak antara Matahari dan Neptunus, meningkat menjadi 3 persen dari kecepatan cahaya, periset dengan Galaksi UCLA Center Group akan berhati-hati untuk melihat apakah perubahan ini terjadi.

Kini, berkat sebuah studi baru, dapat diketahui bahwa pengukuran redshift bisa saja terjadi. Ada komplikasi potensial jika SO-2 adalah bintang biner, bukan satu bintang melainkan 2 bintang yang tentunya akan mempersulit pengukuran yang akan datang.

Peneliti melakukan analisis spektroskopi pertama pada SO-2 sebagai biner potensial yang kemungkinan hanya satu bintang dengan sekitar 15 kali massa Matahari. Jika memang memiliki pendamping, pendampingnya terlalu kecil untuk memberi efek pada observasi yang direncanakan.

Wakil Direktur Grup Pusat Galaksi mengatakan bahwa ini akan menjadi pengukuran pertama dari jenisnya. Gravitasi sendiri adalah kekuatan alam yang paling teruji. Teori Einstein telah melewati semua tes lain.