Kisah Kirkpatrick Macmillan, Penemu Penggerak Roda Sepeda

JAKARTA - Kirkpatrick Macmillan dikenal sebagai seorang pandai besi yang dikatakan banyak orang telah menemukan penggerak roda belakang. Temuan ini diklaim pada akhir 1860-an dan awal 1870-an, sayangnya penemuan ini sempat diperdebatkan oleh banyak sejarawan yang telah menyajikan banyak bukti dan ketidakakuratkan tentang kesaksian orang-orang yang mempromosikan Macmillan.

Dilansir dari Undiscoveredscotland, Kirkpatrick lahir di Keir Mill dekat Thornhill, Dumfries pada 2 September 1812. Ayahnya adalah seorang pandai besi sehingga pada usia 12 tahun Kirkpatrick menjadi murid ayahnya.

BERITA TERKAIT +

Kirkpatrick menciptakan penggerak roda belakang ini karena pada akhir tahun 1820 saat melihat seseorang mengendarai sepeda roda tiga. Pengendara tersebut mendorong sepedanya menggunakan kaki, sehingga Kirkpatrick memutuskan untuk membuat penggerak roda belakang tersebut.

Setelah melakukan pembuatan penggerak roda belakang tersebut di tahun 1893, ia menyelesaikannya di sebuah sepeda. Saat itu terbuat dari kayu, memiliki roda kayu berbingkai besi, roda depan yang steerable, dan roda belakang yang dihubungkan oleh serangkaian balok ke pedal. Nantinya pengendara mendorong secara bergantian ke depan dalam gerakan saling bertukar secara horizontal.

Baca juga: Stephen J. Poplawski, Penemu Blender Listrik Pertama

Tak lama setelah penemuannya tersebut, terlihat Kirkpatrick mengendarai sepeda mencapai 15 mil dari rumahnya ke Dumfries. Selanjutnya pada Juni 1842, Kirkpatrick menempuh jarak 70 mil ke Glasgow, meskipun ada orang yang tidak mempercayai hal tersebut.

Kirkpatrick telah menghabiskan seluruh hidupnya di tempat ia berasal dan bekerja sebagai pandai besi serta tukang gerobak. Penelitian mengenai karyanya tentang sepeda roda tiga ini dipandu oleh sepupunya, James Johnston, yang diklaim bahwa Kirkpatrick bertanggung jawab terhadap menciptakan sepeda pedal pertama sejak tahun 1839.

Baca juga: Perkenalkan Dr. Basch, sang Penemu Alat Ukur Tenanan Darah

Setelah penemuannya tersebut, Kirkpatrick tidak mematenkan penemuannya. Sehingga pada tahun 1846 Gavin Dalzell dari Lesmahagow menghasilkan sebuah mesin dan menyebabkan kepercayaan bahwa ia telah menemukan sepeda bertenaga.

Tahun 1854 Kirkpatrick menikahi Elsie Goldie dan memiliki enam anak dan ia meninggal tahun 1878. Dua buah sepeda miliknya dipajang di Musium Dumfries, sedangkan Scottish Cyle Museum memiliki replika lainnya.

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments