Google Cloud Bantu Misi Penelusuran Asteroid, Seperti Apa?

JAKARTA - Google Cloud dan Analytical Graphics Inc telah bergabung dengan B612 Asteroid Institute untuk mengembangkan platform berbasis jumlah besar untuk melacak asteroid. Kedua perusahaan tersebut telah menjadi mitra teknologi untuk proyek Asteroid Decision Analysis dan Mapping, atau ADAM yang bertujuan menyediakan infrastruktur perangkat lunak unutk menganalisis lintasan objek dekat Bumi.

Dilansir dari GeekWire, Ed Lu, Direktur Eksekutif Asteroid Institue mengatakan bahwa ia senang memiliki pemimpin dunia dalam perangkat lunak dan komputasi bergabung dengan usahanya. Lu juga mengatakan observatorium masa depan seperti Large Synoptic Survey Telescope di Cile dan teleskop antariksa NEOCam NASA diperkiraan akan menghasilkan “tsunami data” dalam dekade depan.

BERITA TERKAIT +

Ribuan asteroid yang sebelumnya tidak terdeteksi dapat ditemukan dan beberapa di antaranya bisa berada dalam orbit yang menimbulkan risiko tabrakan yang sulit diketahui. Mantan astronot NASA juga mengatakan bahwa ADAM tidak hanya mempercepat perhitungan yang bisa menjalankan algoritma astrodinamika simultan yang akan membiarkan periset melihat pola penting dalam melindung Bumi dari dampak asteroid yang berpotensi berbahaya.

Perangkat System Tool Kit AGI akan berfungsi sebagai komponen inti di ADAM, memberikan visualisasi dan analisis yang disempurnakan untuk lintasan asteroid. Platform ADAM berjalan di Google Compute Engine yang menghadirkan mesin virtual yang ditautkan oleh Google Cloud.

Ahli astrodinamika veteran John Carrico bertanggungjawab atas upaya pengembangan ADAM. Insinyur senior proyek ini adalah Laura Park, yang sebelumnya bekerja di Google sebagai insinyur perangkat lunak.

Tahun lalu, Lark menghabiskan 8 bulan sebagai anggota kru simulasi misi MARS HI-SEAS di Hawaii.

Baca juga: Mengapa Planet-Planet Tak Bertabrakan di Sistem Tata Surya

Asteroid Institute sendiri ialah cabang penelitian dan pengembangan Yayasan B612 nirlaba yang didirikan pada 2002 untuk meningkatkan kesadaran tentang ancaman potensial dari dampak asteroid dan mengembangkan strategi untuk melindungi Bumi.

Baca juga: 4 Fenomena Alam yang Akan Membuat Anda Menahan Napas

Mitra dari Intitute tersebut di antaranya adalah Astrophysics and Cosmology Center dari University of Washington, lalu UW pusat penelitian yang berafiliasi dengan Asteroid Institute.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments