Xiaomi Kalahkan Vivo di Posisi 5 Besar Vendor Smartphone di Dunia

JAKARTA – Xiaomi meraup pencapaian yang signifikan di akhir 2017. Perusahaan asal China itu bahkan mampu menyaingi vendor sekelas Apple dan Samsung dalam meningkatkan pengapalan smartphone-nya.

Berdasarkan data yang dirilis IDC, Xiaomi menjual 92 juta smartphone pada 2017. Jumlah tersebut bahkan meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya hanya menjual 53 juta unit. Pencapaian ini tercatat meningkat hingga 74,5%.

BERITA TERKAIT +

Baca: Apple Salip Samsung Rajai Pangsa Pasar Smartphone

Bagian dari kesuksesan Xiaomi pada 2017 bersumber dari perluasannya ke Spanyol, sebagai langkah terbaru perusahaan. Sebagaimana dikutip IDC, rekor Xiaomi juga didorong dengan hadirnya smartphone entry level seperti Redmi 5A di pasar negara berkembang seperti India dan Indonesia.

Berkat penjualan tersebut, Xiaomi muncul dalam jajaran lima besar vendor smartphone di dunia, mengikuti Samsung, Apple dan Huawei. Xiaomi menggantikan posisi Vivo yang juga menjadi saingannya di China.

Samsung sendiri masih merajai lima besar vendor di dunia dengan menjual 317,3 juta smartphone pada 2017. Apple berada di posisi kedua dengan penjualan 215,8 juta iPhone.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 7 Terungkap

Sementara Oppo posisinya menurun menjadi kelima tepat di belakang Xiaomi dengan jumlah penjualan 111,8 perangkat.

Secara keseluruhan pengiriman smartphone di seluruh dunia pada 2017 mengalami sedikit penyusutan yakni sekira kurang dari 1%. Pengiriman smartphone pada 2016 tercatat sejumlah 1,473 miliar, sementara di 2017 tercatat sejumlah 1,472 miliar. Demikian seperti dilansir TechRadar, Senin (5/2/2018). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments