William Herschel, sang Komposer dan Penemu Inframerah, Planet Uranus

JAKARTA – Inframerah sempat menjadi fitur yang menjadi andalan pengguna untuk berbagi file. Seiring waktu, fitur itu tak lagi dimanfaatkan seiring hadirnya dukungan bluetooth.

Meski begitu, inframerah masih digunakan berbagai vendor perangkat elektronik hingga saat ini. Lantas siapakah yang berjasa menemukan inframerah?

BERITA TERKAIT +

Penemu inframerah adalah William Herschel yang lahir pada 15 November 1738 di Hanover, Jerman. Penemuan inframerah sendiri tak sengaja dilakukan William, ketika ia mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optis yang digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari pada teleskop tata surya.

Tak hanya menemukan inframerah, William Herschel juga merupakan astronom yang menemukan planet Uranus hingga bentuk Bima Sakti.

William Herschel mulanya memiliki nama Friedrich Wilhelm. Ayahnya Isaac Herschel merupakan musisi di Hanoverian yang kemudian William bergabung menjadi oboist diusianya uang ke-14.

Pada 1757, William Herschel pindah ke kerabatnya di Inggris. Di sana, ia mengajarkan musik dan menjadi komposer demi mencari nafkah dan mempertahakan hidupnya.

Pada 1766, William menjadi organis di Bath, Inggris. Pada 1772, saudaranya Caroline Lucretia Herschel, datang untuk tinggal bersamanya di Bath. Ia bekerja bersama sang kakak dalam studinya terkait astronomi.

Pada 1773, William membeli kuadran yakni instrumen untuk mengukur tinggi benda di langit dan Trigonometri Emerson. Ia juga membeli buku-buku astronomi untuk memperdalam pengetahuannya.

Tak hanya itu, ia juga membeli sebuah gelas, banyak kacamata yang pada akhirnya menjadi teleskop pertama William. Bersama dengan Caroline, William Herschel mulai membangun teleskop refleksi.

William membangun teleskop dan eyepieces sendiri yang cukup canggih hingga memiliki kekuatan zoom 6.450 kali. Herschel melakukan dua survei teleskopik awal di langit. Dan pada 1781, selama survei ketiganya di langit malam, ia menemukan sebuah benda luar biasa, yang sebenarnya adalah planet Uranus, dan dua bulannya yakni Titania dan Oberon. Penemuan itu membuatnya mendapatkan Medali Copley.

Herschel kemudian mempelajari sifat nebula dan menemukan bahwa semua nebula terbentuk dari bintang-bintang, oleh karena itu dirinya menolak kepercayaan lama bahwa nebula terdiri dari cairan bercahaya.

Ia juga menemukan dua bulan Saturnus, yaitu Mimas dan Enceladus Serta menciptakan istilah "asteroid". Herschel percaya bahwa tata surya bergerak melalui ruang angkasa dan menemukan arah gerakan itu. Dia juga menyebutkan bahwa Bima Sakti berbentuk cakram.

Pada 1788 Herschel menikahi Mary Pitt - seorang janda kaya, yang akhirnya dikaruniai anak laki-laki tunggal. Herschel mampu menghasilkan penghasilan tambahan dengan menjual teleskop, dan dia menginvestasikan uangnya untuk membangun mesin.

Berkat berbagai pencapaiannya, William Herschel diangkat sebagai anggota Royal Swedish Academy of Sciences pada 1813. Kemudian di 1816 ia menerima penghargaan dari negara-negara dan akademisi di seluruh dunia.

Namun astronom dan penemu inframerah itu meninggal dunia pada 25 Agustus 1822 di Slough, Berkshire. Saat itu, William Herschel berusia 83 tahun. (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments