Utak-atik Paket 4G Operator, Enaknya Pilih yang Mana?

Jakarta - Selalu terkoneksi seakan sudah menjadi suatu kebutuhan utama saat ini. Itu sebabnya, ponsel hampir tak pernah lepas dari genggaman. Tapi biar hemat, pilih paket 4G yang mana?

Kondisi ini membuat para operator telekomunikasi berlomba-lomba menghadirkan akses data melalui jaringan 4G terbaiknya, disertai beragam pilihan paket kuota data yang beragam.

Namun, apakah kamu pernah merasa bingung untuk memilih paket mana yang akan digunakan? Jika iya, informasi berikut mungkin bisa kamu jadikan rujukan untuk memilih paket data yang sesuai dengan kebutuhan.

Berdasarkan data paket yang ditawarkan operator, dengan harga kisaran Rp 60.000, Telkomsel menawarkan paket internet sejumlah 6 GB dengan rincian 2 GB untuk keperluan chatting, 2 GB untuk streaming video, 1 GB kuota utama dan 1 GB sebagai bonus kuota 4G.

Sementara itu, Indosat memiliki paket data dengan total kuota 16 GB, terlihat besar memang, namun jika kita lihat komposisinya Indosat menawarkan 2 GB sebagai kuota utama, 4 GB kuota chatting, serta 10 GB yang digunakan untuk malam hari.

Utak-atik Paket 4G Operator, Kamu Pilih yang Mana?Foto: Tabel Perbandingan Paket 4G Operator

Sedangkan XL Axiata, memiliki skema paket yang lebih sederhana. Operator bernuansa biru ini membagi total 10 GB menjadi 5 GB sebagai kuota utama dan 5 GB untuk keperluan internet di malam hari.

Di sisi lain, Smartfren yang sekarang hanya mengoperasikan jaringan 4G ini, menawarkan total kuota sebesar 11 GB dengan rincian 2 GB kuota utama 4G, 1 GB bonus kuota 4G, 2 GB untuk keperluan chatting serta 6 GB di malam hari. Masa aktif masing-masing operator berlaku hingga 30 hari.

Sederhananya, jika kamu memiliki kegemaran menonton streaming video bisa memanfaatkan alokasi data 2 GB yang diberikan Telkomsel. Kemudian jika kebutuhan internet lebih banyak dipakai pada tengah malam, Indosat tentu bisa menjadi pilihan.

Sementara jika sinyal 4G yang dicari, Smartfren bisa menjadi pilihan karena operator ini beroperasi penuh selama 24 jam di jaringan 4G karena tidak memiliki jaringan 2G dan 3G. Sehingga pengguna dipastikan akan selalu terkoneksi di jaringan 4G.

Jadi, sudah tahu mau pilih yang mana?

(rou/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments