Tranformasi Digital Bukan Hanya Adopsi Teknologi Saja

Jakarta - Memasuki era teknologi saat ini, kebutuhan perusahaan untuk transformasi digital sudah menjadi keniscayaan. Yang perlu diperhatikan bahwa transformasi digital ini tak hanya soal adopsi teknologi saja.

Direktur Astra Graphia Information Technology (AGIT) Widi Triwibowo mengatakan kalau berbicara transfrormasi digital saat ini, bukan lagi sebagai tren maupun fenomena, melainkan transformasi digital sudah menjadi realitas, di mana hal itu sudah tidak bisa dihindari.

"Sering kali bicara transformasi itu dilihat dari luar, tetapi yang paling penting itu dari kita sendiri dulu. Dalam konteks ini AGIT juga sudah masuk ke area digital bahwa kita sudah bertransformasi sebagai pemain di TIK dan kita sudah setting yang sudah berjalan cukup lama dan saat bisa disebut sebagai digital service solution provider," kata Widi di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Hal itu yang dibahas dalam AGIT Solution Day yang diselenggarakan di Upperroom Annex Building Thamrin. Bertajuk Digitalization in Action, AGIT menghadirkan mitra bisnis dan calon customernya mengenai transformasi digital.

Dengan menyatakan sudah sebagai penyedia jasa layanan digital, AGIT mengungkapkan dapat membantu perusahaan untuk melakukan transformasi digital melalui penerapan teknologi digital maupun solusi digital.

"Walaupun teknologi salah satu aspek saja dari keseluruhan transformasi. Solusi yang kita bawa sudah bisa membantu customer ke seluruh journey tahapan dari transformasi digital," sebutnya.

Widi memaparkan ada empat pilar tahapan transformasi digital yang dilakukan oleh customer. Pertama, AGIT membantu customer untuk menyiapkan strategi digital, seperti roadmap hingga prioritasnya.

Kedua, yang disebut sebagai digital ICT platform, di mana AGIT dapat membantu customer menyiapkan fondasinya. Lalu ketiga, digital technology platform. Dan, keempt adalah digital services.

"Ini sudah masuk ke business process," ucap Widi. (agt/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments