Teleskop Hubble Tangkap Pemandangan Galaksi Spiral

JAKARTA - Hubble merupakan teleskop luar angkasa yang bisa membantu penelitian ilmuwan. Meskipun teleskop ini memiliki kemampuan yang luar biasa, tetapi alat tersebut bisa saja menampilkan gambar yang redup akibat polusi ringan.

Teleskop luar angkasa ini dikabarkan menangkap pemandangan luar angkasa, khusunya galaksi spiral, NGC 7331. Galaksi ini pertama kali ditemukan oleh seorang pemburu galaksi yang produktif yaitu William Herschel pada 1784.

BERITA TERKAIT +

NGC 7331 terletak sekira 45 juta tahun di rasi Pegasus. Saat mengahadap ke bagian tepi, galaksi ini menunjukkan sisinya yang indah. Berputar seperti pusaran air di sekitar wilayah bagian tengah yang cukup terang.

Baca juga: Ternyata! Alam Semesta Semakin Meluas Dijelaskan Alquran dan Sains

Para astronom mengambil gambar tersebut dengan menggunakan Hubble’s Wide Field Camera 3 (WFC3). Mereka mengamati bintang meledak luar biasa yang berada di pusat galaksi yang berwarna kuning, ini dinamakan SN 2014C yang dengan cepat berevolusi dari supernova yang mengandung hidrogen sangat sedikit menjadi hidrogen yang kaya hanya dalam waktu satu tahun.

Metamorfosis yang jarang diamati ini bercahaya dengan energi yang tinggi dan memberikan wawasan yang unik tentang bintang yang selama ini belum dipahami.

Baca juga: 4 Fenomena Alam yang Akan Membuat Anda Menahan Napas

NGC 7331 memilki ukuran, bentuk, dan massa yang serupa dengan Bima Sakti. Galaksi ini memilki tingkat pembentukan bintang yang sebanding, memiliki jumlah bintang yang sama, memiliki lubang hitam supermasif dan dengan spiral yang sebanding.

Perbedaan antara Bima Sakti dengan NGC 7331 adalah galaksi spiral yang tidak memilki “halangan” bintang, gas dan debu yang menembus nukleusnya seperti pada Bima Sakti. NGC 7331 juga menampilkan pola rotasi yang unik dan tidak biasa, berputar berlawanan arah ke galaksi itu sendiri.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments