Tak Hanya di Luar Angkasa, Peneliti Cari Kehidupan Alien di Bumi

JAKARTA - Peneliti tampaknya terus mencari bukti bahwa kehidupan alien atau kehidupan yang berevolusi di suatu tempat di luar Bumi atau telah berevolusi di Bumi untuk kedua kalinya. Jika beberapa bentuk kehidupan ditemukan, orang mungkin akan bereaksi positif.

Sebuah penelitian dipresentasikan pada AAAS Annual Meeting 2018. Dilansir dari AAAS, menganalisis informasi tentang kemungkinan temuan kehidupan mikroba di luar angkasa, Michael Varnum, asisten professor psiklogi di Arizona State University menemukan kebanyakan reaksi orang menunjukkan hal yang positif.

BERITA TERKAIT +

Dalam penelitian selanjutnya ditanyakan kepada responden tentang reaksi hipotesis jika peneliti menemukan tanda-tanda kehidupan di luar Bumi. Sekira setengah dari orang Amerika dan orang Eropa Barat yang disurvei di tempat lain mengatakan bahwa sudah percaya orang asing telah mengunjungi Bumi dan tampaknya tidak ada kekacauan di dunia.

Kemungkinan kejadian ini tidak mungkin diketahui karena hampir tidak bisa memperkirakan kemungkinannya. Davies mengatakan bahwa tidak seperti orang lain di lapangan, ia tidak percaya bahwa alam semesta penuh dengan kehidupan dan ia mengharapkan kesempatan untuk menemukan kehidupan yang baik.

Baca juga: Fenomena 4 Gerhana di 2018, Nomor 3 Paling Menarik

Menurut Lindy Elkins-Tanton, Direktur School of Earth and Space Exploration di Arizona State University, proses eksplorasi ruang angkasa sangat berguna dan memberi inspirasi. Elkins-Tanton merupakan penyelidik utama misi Psyche NASA yang merancang sebuah pesawat ruang angkasa untuk mencapai asteroid 'all metal' yang serupa dengan inti Bumi.

Baca juga: 4 Fenomena Alam yang Akan Membuat Anda Menahan Napas

Merencanakan eksplorasi dan perjalanan masa depan memberikan kesempatan yang luar biasa untuk melakukan sains dengan cara yang lebih egaliter. Alasan lain yang lebih penting untuk melakukan eksplorasi ruang robotic yaitu untuk menginspirasi semua orang di Bumi untuk mengambil langkah lebih berani dalam kehidupan mereka sendiri.

Pencarian bentuk kehidupan di Bumi harus dilanjutkan kembali. Menurut Elkins-Tanton masalahnya adalah bagaimana secara masuk akal, ilmiah, dan logis dapat berkembang menjadi semacam kehidupan yang belum ditemukan, hal itu sangat sulit dilakukan.

Beberapa eksperimen telah dilakukan untuk mencoba menentukan bagaimana peneliti dapat menentukan apakah ada sesuatu yang hidup dan apakah itu benar-benar bentuk kehidupan yang lain. Mungkin sulit jika kehidupan yang tidak diketahui menyukai kondisi yang sama seperti kehidupan yang diketahui.

Ada kemungkinan bahwa kehidupan bisa berevolusi lebih dari sekali di Bumi.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments