Smartphone dengan Layar Berlapis Berlian Dijual di 2019?

JAKARTA – Layar menjadi komponen utama untuk menjalankan smartphone. Tak ayal jika banyak vendor mengusung layar dengan dukungan corning Gorilla Glass demi meminimalisir layar dari dampak yang tak diinginkan.

Namun tampaknya, hal tersebut akan segera berubah dimana sebuah perusahaan akan menghadirkan smartphone dengan lapisan layar yang terbuat dari berlian. Gorilla Glass sendiri menggunakan lapisan yang diperkuat secara kimia.

BERITA TERKAIT +

Baca: Wow! Ponsel Mewah Ini Dibalut Berlian dan Emas 24 Karat, Berapa Harganya?

Adalah perusahaan bernama “Akhan Semiconductor” yang mengaku tangah menguji layar smartphone pertama yang dirancang dengan kaca berlian. Kaca besutan Akhan tersebut menggunakan pola nanokristal yang secara acak mengatur dan melapisi kristal.

Konsep ini akan mampu meminimalisir retakan dan merusak material di bagian bawahnya.

Dibuat dengan berlian yang tumbuh di laboratorium, Miraj Diamond Glass milik Akhan Semiconductor menjanjikan bahan yang lebih kuat ketimbang bahan lain untuk menutupi layar smartphone.

Meski begitu, Anda masih harus menunggu wujud dari pengembangan perusahaan yakni smartphone berlayar kaca berlian hingga 2019.

Sebelumnya, Adam Khan - CEO Akhan, menyatakan bahwa teknologi besutannya akan dipamerkan pada akhir 2017. Nyatanya, klaim tersebut belum juga terbukti.

Kini Khan mengatakan bahwa teknologi barunya tengah diuji secara aktif dengan perancang perangkat, meski identitas vendor tersebut tak diungkapkan.

Baca juga: Wah, Nokia 8 Ikuti Jejak iPhone Balut Ponselnya dengan Warna Emas

Vendor tersebut melakukan pengujian untuk memastikan bahwa teknologi Arkhan mampu mentransmisikan sinyal listrik dengan baik, sehingga jari pengguna bisa menavigasi menu tanpa kekeliruan.

Tampaknya, smartphone dengan layar berlapis kaca berlian ini tak akan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Pasalnya proses pembuatan dan penerapan berlian dilakukan di laboratorium. Demikian seperti dilansir CNet, Selasa (6/2/2018). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments