Perkembangan Teknologi Metal Detector dari 1800 hingga Saat Ini

JAKARTA - Metal Detector yang kini banyak digunakan ternyata memiliki sejarah panjang. Faktanya Metal Detector ternyata pertama muncul pada pertengahan 1800-an. Setelah penemuan listrik, banyak ilmuwan-ilmuwan dan penambang emas mulai bereksperimen dengan gagasan mengembangkan teknologi yang dapat menemukan logam di bawah tanah.

Alat ini berguna untuk para pencari emas setelah “Gold Rush”. Hal ini tidak ada kaitannya dengan penambangan emas. Sebagai gantinya Metal Detector dikembangkan untuk Presiden James Garfield yang digunakan dalam penyelamatan saat terkena tembakan di Washington DC pada 2 Juli 1881 di Baltimore dan Potomac Railroad Station oleh Charles J Guiteau.

BERITA TERKAIT +

Saat kejadian itu dokter tidak dapat menemukan peluru sehingga membuat Grafield menderita. Satu-satunya pengikutnya ialah Alexander Graham Bell, sehingga ia mengembangkan kembali Metal Detector, namun sayangnya usahanya tidak berhasil sehingga menyebabkan Grafield akhirnya meninggal.

Meskipun Metal Detector tidak membantu menyelamatkan Presiden ke-20 Amerika Serikat, mesin Metal Detector buatan Alexander Graham Bell adalah yang paling layak digunakan. Awalnya mesin ini cukup rumit dan besar, tetapi seiring berjalannya waktu ini sangat berguna dan terus ditingkatkan kualitasnya.

Metal Detector ini akhirnya digunakan untuk menemukan dan membersihkan ranjau darat dan bom yang tidak meledak di seluruh Eropa setelah Perang Dunia 1 dan WW11. Di waktu yang hampir bersamaan, Gerhard Fisher pendiri Fisher Metal Detector membuat penemuan penting dalam karyanya mengenai sistem navigasi, ia mengatasi segala kekurangannya dan ia mengatakan bahwa teknologi ini sangat berguna pada Metal Detector.

Baca juga: Berawal dari Coba-Coba, Martin Cooper Ciptakan Ponsel Seluler

Di 1925, Fisher diberikan hak paten pada Metal Detector portabel pertama dan ia menjual Fisher Machines ke publik pada 1931. Meskipun Fisher diberikan hak paten, ia hanyalah satu dari banyak orang yang menyempurnakannya.

Selanjutnya metal Detector dikembangkan oleh Charless Garret, seorang insinyur listrik dengan mendeteksi logam di awal 1960-an. Metal Detector-pun dikembangkan dengan mesin yang dapat menghilangkan isolator.

Baca juga: Daftar Penemu Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Saja?

Seiring berjalannya waktu, Metal Detector semakin dikembangkan oleh berbagai temuan. Sampai akhirnya Metal Detector didesain dengan teknologi nirkabel dan kolaborator baru dan menjadi alat yang ringan dan mudah digunakan sampai sekarang.

Ke depannya Metal Detector kemungkinan akan terus berevolusi seperti dilansir dari Metaldetector.com.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments