Perjalanan Pendiri Wattpad yang Sukses hingga Miliki 15 Juta Pengguna

JAKARTA - Wattpad merupakan situs web yang memungkinkan orang menemukan cerita dari para pengguna yang mencakup berbagai genre. Wattpad juga dijadikan sebagai komunitas bagi para pembaca dan penulis.

Di balik kesuksesan Wattpad, nama Ivan Yuen dikenal sebagai salah satu pendiri dari layanan tersebut. Ia merupakan alumni dari University of Waterloo.

BERITA TERKAIT +

Ivan Yuen lulus dari program Teknik Komputer Waterloo pada 2000. Ia mengatakan bahwa program co-op adalah hal terbaik yang pernah dijumpai.

Selama empat program Cooperative Education ia dipekerjakan di sebuah perangkat keras komputer, di masa kerja terakhirnya ia dipekerjakan di sebuah perangkat lunak. Semenjak itu ia merasa lebih bergairah dengan perangkat lunak.

Setelah lulus, Ivan bekerja di berbagai perusahaan hardware dan software sebelum mendirikan Wattpad. Berdirinya Wattpad ini berasal dari kebutuhan pribadi, di mana ia hanya memiliki sedikit pilihan untuk membaca.

Baca juga: Daftar Penemu Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Saja?

Pada 2006, ia mendekati teman kerjanya, Allen Lau dan menemukan ide untuk Wattpad. Sebelumnya, Allen telah mengejakan hal yang serupa yang pada akhirnya membuat Allen dan Ivan mewujudkan Wattpad.

Beberapa tahun pertama, Allen dan Ivan berjuang mendapatkan pengguna karena teknologi yang diluncurkan masih terlalu dini. Hal tersebut tidak membuatnya menyerah sampai akhirnya pada 2007, iPhone dan Kindle telah diluncurkan dan membuka kesempatan orang menggunakan Wattpad.

Penulis Kanada dan advokat untuk literasi Margaret Atwood menjadi kontributor Wattpad. Ia menyampaikan bahwa Wattpad adalah alat yang sempurna untuk kaum muda dalam creative writting.

Baca juga: Mikhail Kalashnikov sang Penemu AK-47 yang Menyesali Inovasinya

Ruang kerja Wattpad yang berwarna merah dan furniture berwarna orange adalah hal yang utama. Ivan dan Allen mempekerjakan lima sampai enam mahasiswa Waterloo setiap semester untuk memberikan pengalaman. Kontribusinya dengan mempekerjakan mahasiswa Waterloo di Wattpad menjadi salah satu penyebab keberhasilan program co-op (Cooperative Education).

“Kami ingin menjadikan Wattpad sebagai tempat bagi semua orang dalam hal membaca dan menulis,” kata Ivan seperti dilansir dari uwaterloo.ca.

Kini Wattpad sudah memiliki 15 juta pengguna setiap bulannya, dan Ivan berharap jumlahnya akan mencapai 100 sampai 500 juta pengguna. Ivan dan Allen ditunjuk oleh Financial Times sebagai satu dari tujuh bintang Kanada yang meraih kesuksesan luar biasa dengan Wattpad.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments