Munculnya Air Tandai Awal Kehidupan Makhluk Hidup di Bumi

JAKARTA - Bumi diciptakan secara berangsur-angsur mulai dari material panas yang dipadatkan sampai terbentuk planet biru yang memiliki atmosfer. Sebelum memiliki atmosfer, keadaan Bumi tidak dapat dijadikan tempat hidup bagi makhluk ciptaan Allah.

Dalam buku 'Sains berbasis Alquran' karangan Ridwan Abdullah Sani, pada awalnya Bumi mati kemudian Allah menyebarkan segala jenis hewan untuk hidup di sana. Keterangan tentang hal ini dinyatakan dalam ayat berikut.

BERITA TERKAIT +

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan Bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan Bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di Bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan Bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan," Surah Al-Baqarah Ayat 164.

Konteks surah tersebut membahas tentang penciptaan langit dan Bumi yang dikaitkan dengan menghidupkan Bumi dari keadaan mati atau kering dan menyebarkan segala jenis hewan setelah itu.

Berdasarkan ayat tersebut, manusia mengetahui bahwa kehidupan di Bumi dimulai dengan adanya air. Sejalan dengan pembentukan Bumi, gas yang dikeluarkan dari dalam perut Bumi melalui gunung api dan sumber panas lainnya akan terperangkap di atmosfer Bumi.

Baca juga: Ternyata! Alam Semesta Semakin Meluas Dijelaskan Alquran dan Sains

Kemudian sebagian dari gas tersebut menjadi air ketika permukaan Bumi sudah mulai dingin. Berdasarkan kajian ilmiah, diketahui bahwa organisme yang muncul (diciptakan) tiga miliar tahun lalu adalah bakteri yang menghasilkan oksigen.

Baca juga: Matahari yang Bersinar Suatu Hari Akan Padam, Benarkah?

Bakteri primitif tersebut memerlukan air dan karbondioksida untuk menghasilkan gas oksigen. Setelah tumbuhan diciptakan, produksi oksigen bertambah cepat.

Pada selang waktu yang lama, kandungan oksigen di Bumi cukup banyak sehingga dapat digunakan oleh organisme lain untuk hidup.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments