KPAI Bakal Panggil Pembuat Game Sadis 'Pukul Guru Anda'

Jakarta - Kehadiran game Pukul Guru Anda menuai rekasi keras. Setelah pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), kini giliran Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto turut bersuara.

Dia mengatakan kehadiran game edukatif mampu menstimulasi nilai-nilai positif bagi anak. Begitu pula sebaliknya, jika bermuatan kekerasan, game tersebut dapat berdampak negatif bagi tumbuh kembang anak.

"Beredarnya game sadisme tidak boleh terjadi, siapapun korbannya. Apalagi guru diposisikan sebagai korban. Ini bisa menstimulasi anak melakukan hal yang sama dan dapat menciderai nilai-nilai keadaban relasi gutu dan siswa yang selama ini dibangun," kata Susanto saat dihubungi detikINET, Minggu (4/2/2018).

Karena itu pihak KPAI akan melakukan tindakan. Dalam waktu dekat mereka akan memanggil developer yang membuat game Pukul Guru Anda.

"Kami ingin minta klarifikasi," ungkap Susanto.

KPAI Bakal Panggil Pembuat Game Pukul Guru AndaFoto: screenshot detikINET

Untuk diketahui game Pukul Guru Anda yang dibuat developer asal Belanda. Game yang masuk ke dalam kategori flash ini bisa diakses dengan mudah, baik dari peramban di perangkat laptop maupun perangkat smartphone (desktop mode).

Tak hanya itu, pemain pun tak perlu merogoh kocek sedikitpun, karena pada dasarnya game ini gratis dimainkan di salah satu situs. Kendati begitu kemunculan game ini pun mengundang reaksi keras dari netizen di Tanah Air, lantaran menampilkan visual penuh kekerasan.

Pihak Kominfo sudah mengambil tindakan. Mereka telah mengirim email kepada Poki untuk menyetop akses game ini di Indonesia. Jika permintaan tersebut tidak digubris, Kominfo akan memblokir situs tersebut secara keseluruhan. (afr/afr)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments