Kominfo Minta Investor Dukung Pemain Lokal di Industri Digital

JAKARTA – Pemain lokal di industri digital Indonesia masih terbilang sedikit. Pasalnya, sisi jumlah pemain lokal masih kalah banyak ketimbang pemain asing.

Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani mengatakan, hal tersebut tak terlepas dari peran para investor untuk mengembangkan produk para pelaku usaha. Sayangnya investor lokal, dinilai Semuel, belum banyak bergerak untuk turut mengembangkan pemain lokal di industri digital.

BERITA TERKAIT +

“Kenapa investor lokal belum bergerak? ini real bisnis, padahal di Indonesia banyak sekali peluang yang diciptakan oleh aplikator yang belum disentuh... Saya mengharapkan investor lokal harus bergerak,” kata pria yang akrab disapa Sammy itu dalam talkshow Polemik di radio MNC Trijaya FM, Sabtu (3/2/2018).

Dijelaskan Sammy, startup di Indonesia tak bisa hanya mengandalkan dana dari bank untuk mengembangkan bisnis mereka. Alhasil, diperlukan investor khususnya investor lokal untuk turut mengembangkan pemain lokal.

“Modelnya itu model (bisnis) baru, jadi kita nggak bisa kita ngandelin bank yang ada bunganya,” ujar Semmy.

Sementara itu, menurut Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Aulia E Marinto, diperlukan dorongan dari berbagai kalangan untuk mengembangkan pemain lokal. Ia menuturkan kurang aktifnya stakeholder di tingkat daerah pada pemain lokal.

“Yang sekarang aktif itu kementerian. Bupati saya belum pernah danger, harus tersinkronisasi tak hanya di pusat tapi juga level kabupaten,” kata Aulia dalam kesempatan yang sama.

Lebih lanjut, Aulia juga mengatakan agar stakeholder berpihak kepada pemain lokal. Tak hanya dari sisi investor dan regulator, pemain lokal pun harus mengembangkan dirinya agar layak bersaing dan keberpihakan pemerintah serta berbagai pihak membuahkan hasil yang positif.

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments