Ketika Menteri Susi Ditantang Tebak-tebakan Nama Ikan

Bandung - Penampilan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti jadi salah satu yang paling dinantikan di Creativepreneur Corner 2018 di Bandung. Keseruan terjadi ketika Menteri Susi diberi tantangan.

Usai berbagi berbagi pengalaman di atas panggung, tiga host Creativepreneur Corner, CEO Kibar Yansen Kamto, News Presenter Budi Adiputro dan radio host Adhiransyah menantang Menteri Susi menebak nama-nama ikan ala kuis seperti yang sering dilakukan Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan ke daerah.

Kaget diberi tantangan di luar dugaannya, Menteri Susi pun tampak terkejut yang mengundang tawa peserta Creativepreneur Corner Bandung. Dia bahkan sempat berpura-pura memarahi ketiga host.

Ketika Menteri Susi Ditantang Tebak-tebakan Nama IkanFoto: detikINET/Rachmatunnisa

"Hei kalian ini menyontek ya. Yang biasa bikin kuis-kuisan, kasih hadiah sepeda itu bapak Jokowi. Kalian nanti saya laporkan ya, mencontek pak Presiden," kata Susi yang disambut tawa peserta peserta.

Namun Menteri Susi kemudian meladeni tantangan ketiga host. Kocaknya, gambar pertama yang ditampilkan di layar adalah ikan hiu dari karakter Baby Shark.

Ketika Menteri Susi Ditantang Tebak-tebakan Nama IkanFoto: detikINET/Rachmatunnisa

"Haduhh.. apa ini, Ikan kartun. Ada tiga ini mirip ya seperti kalian, shark ini," canda Menteri Susi kepada tiga host.

Tebak-tebakan pun berlanjut lebih serius. Di layar ditampilkan gambar ikan sungguhan. Dari semua gambar ikan yang disodorkan, Menteri Susi berhasil menebak semuanya. Tepuk tangan pun riuh merespons aksi Menteri Susi.

Ketika Menteri Susi Ditantang Tebak-tebakan Nama IkanFoto: detikINET/Rachmatunnisa

Tak hanya seru-seruan, di acara Creativepreneur Corner 2018 Bandung, wanita kelahiran Pangandaran, Jawa Barat ini berbagi cerita bagaimana dulu dia merintis usahanya.

Seperti diketahui, Susi mengawali karir sebagai pengepul ikan di Pangandaran. Bisnisnya kemudian berkembang dan mendirikan pabrik pengolahan ikan. Pasarnya pun berkembang hingga ke luar negeri.

Ketika Menteri Susi Ditantang Tebak-tebakan Nama IkanFoto: detikINET/Rachmatunnisa

Berkembangnya pasar produk ini memunculkan kebutuhan akan sarana transportasi agar ikan bisa dibawa dalam keadaan segar. Kondisi ini kemudian melatarbelakangi berdirinya PT ASI Pudjiastuti Aviation atau dikenal dengan brand Susi Air yang berkembang hingga saat ini.

Susi Air saat ini melayani 150-200 penerbangan setiap harinya, dengan puluhan pesawat berbagai jenis mulai dari Cessna Grand Caravan, Pilatus PC-06 Porter dan Piaggio P180 Avanti.

Menteri Susi juga mengingatkan agar anak-anak muda yang mengidolakannya tidak meniru dirinya dalam urusan pendidikan formal.

"I decide to quit my high school. Bukan karena saya tidak senang belajar. Saya pikir saya tidak cocok, karena saya tidak sabaran. Ini jangan dicontoh ya!" tegasnya.

Setiap orang menurutnya punya gaya belajar yang berbeda-beda. Anak muda zaman sekarang, menurut Menteri Susi, diuntungkan dengan berbagai kemajuan teknologi untuk bisa belajar di mana saja.

"Dengan teknologi, gadget dan internet, kamu mau belajar soal apa saja, kalian bisa tahu semuanya, all done from your little gadget. Jadi sayang kalau ada yang pakai internet cuma chatting-chatting saja. Manfaatkan buat belajar sesuatu," nasihatnya. (rou/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments