Ketahui! Ini Cara Ikan Pari Menyengat Manusia

JAKARTA - Ikan pari tampak menjadi buah bibir baru-baru ini, usai Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tersengat ikan pari ketika berlibur bersama keluarga di Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur.

Bagaimana ikan pari bisa menyengat manusia? Dilansir Nationalgeographic, Senin (5/2/2018), ikan pari dapat menyebabkan luka yang sangat menyakitkan, namun dalam kebanyakan kasus, rasa sakit adalah gejala terbesar.

BERITA TERKAIT +

Pada liburan tahun baru di mana banyak orang mengunjungi pantai dan cuaca yang hangat, maka banyak pengunjung pantai yang menuju ke laut. Ombak yang sangat rendah juga menarik orang untuk melangkah lebih jauh ke laut.

Sama seperti manusia, ikan pari juga lebih memilih cuaca yang lebih hangat. Selama bulan-bulan musim dingin, mereka biasanya pergi dari pantai untuk mencari area yang lebih hangat, tetapi air laut yang hangat juga bisa menarik mereka ke garis pantai.

Perlu kehati-hatian pada saat seseorang menginjakkan kakinya di pesisir laut. Cara ikan pari menyengat ialah ketika kaki manusia menginjak bagian tubuh ikan pari.

Baca juga: Seberapa Mematikan Racun Ikan Pari

Situs Nationalgeographic mengungkapkan, ikan pari sangat 'gugup' dan hanya menyerang saat dikejutkan atau diinjak. Ketika diinjak, maka ikan pari yang gugup ini berpotensi untuk menyengat manusia.

Seperti diketahui, ikan pari merupakan hewan air laut yang memiliki sistem pertahanan diri. Hewan tersebut memiliki ekor yang panjang dan memiliki racun mematikan.

Baca juga: Tak Hanya Ikan Pari, 5 Hewan Ini Punya Bisa Mematikan

Steve Irwin, seorang pemandu acara televisi yang dikenal dengan program The Crocodile Hunter meninggal dunia pada 2006 karena dadanya tertusuk ekor pari .

Cara Menghindari Sengatan

Bagi orang-orang yang cukup berani untuk terjun ke air, penjaga pantai merekomendasikan teknik yang disebut "stingray shuffle" yang mengharuskan menyeret kaki seseorang di sepanjang pasir untuk menakut-nakuti ikan tersebut.

"Saya pikir 'stingray shuffle' cukup efektif. Tapi orang telah tergelincir ke ikan pari, semua orang dari peselancar berpengalaman sampai pemula mengarungi pantai disengat. Ikan pari tidak membeda-bedakan," ujar Lt. Claude Panis dari Marine Safety Unit.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments