Jepretan Kamera Instagram Makin Cantik Berkat Update Google

MOUNTAIN VIEW – Google Pixel Visual Core, chip pemrosesan gambar dalam jajaran smartphone Pixel 2 kini mendapat update dari perusahaan. Pembaruan itu memungkinkan kamera Pixel 2 bekerja dengan machine learning di aplikasi pihak ketiga.

Update itu telah diaktifkan melalui Android 8.1 untuk aplikasi kamera Pixel 2. Berkat update etrsebut, Visual Core akan beroperasi dalam aplikasi kamera lain yang menggunakan API Google yang relevan.

BERITA TERKAIT +

Baca: Adu Kamera iPhone X, Pixel 2 XL, Mate 10 Pro saat Gerhana Super Blue Blood Moon

Artinya, foto Instagram dan Snapchat Stories pengguna akan mendapatkan perbaikan baik dari sisi kecepatan maupun efisiensi pemrosesan.

“Pixel Visual Core dibangun untuk melakukan pemrosesan gambar yang berat dengan menggunakan lebih sedikit daya, yang menghemat baterai. Itu artinya, kita dapat menggunakan daya komputasi tambahan untuk meningkatkan kualitas gambar Anda dengan menjalankan algoritma HDR +," terang Google.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan The Verge, hasil pemrosesan chip itu menunjukkan ektraksi detail tambahan tanpa merusak foto dengan noise atau blur. Contoh lain menunjukkan bahwa Visual Core mampu membuat gambar yang kurang cahaya menjadi nyaman untuk dipandang.

Baca juga: Google Pixel 2 XL Bermasalah Lagi, Giliran Layar yang Tak Responsif

Sejak dirilis pertama kalinya, HDR + hanya tersedia pada aplikasi kamera Pixel 2. Namun update dari Google memungkinkannya untuk secara bebas terpasang di aplikasi lain yang menyertakan kamera dalam aplikasi seperti Instagram hingga WhatsApp.

Update Pixel Visual Core sendiri akan dirilis untuk aplikasi pihak ketiga dalam beberapa hari kedepan. Selain update tersebut, Google juga akan menghadirkan stiker augmented reality (AR) akhir pekan ini dengan tema seputar olahraga musim dingin. Demikian seperti dilansir The Verge, Selasa (6/2/2018). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments