Ini Pesawat Luar Angkasa Paling Cepat di Dunia

JAKARTA - Pesawat luar angkasa diciptakan oleh manusia untuk meneliti maupun menangkap gambar objek-objek di luar angkasa. Salah satu pesawat luar angkasa, Juno milik badan antariksa Amerika Serikat, NASA didapuk sebagai pesawat antariksa tercepat.

Dilansir Guinnessworldrecords, Kamis (22/2/2018), NASA Juno mengelilingi Jupiter. Kabarnya, pesawat tersebut telah menempuh perjalanan 2,7 miliar kilometer, yang membuatnya menyabet rekor dunia.

BERITA TERKAIT +

Juno pertama kali meraih rekor pada Januari 2016, ketika pesawat itu menjadi 'pesawat luar angkasa bertenaga solar yang paling jauh'. Pesawat itu melewati rekor 791 juta kilometer yang ditempuh Rosetta milik European Space Agency pada Oktober 2012.

Pesawat luar angkasa tak berawak atau probe lainnya seperti Voyager dan New Horizons telah berjalan lebih jauh, namun didukung oleh teknologi pembangkit nuklir.

Rekor kedua Juno ditetapkan pada 4 Juli 2016, saat pesawat itu terjun ke dalam gravitasi besar Jupiter dengan baik. Tarikan gravitasi itu mempengaruhi kecepatan pesawat luar angkasa tersebut yang telah bergerak cepat hingga mencapai kecepatan 265 ribu kilometer per jam, membuatnya menjadi pesawat antariksa paling cepat yang pernah dibuat manusia.

Baca juga: Fenomena 4 Gerhana di 2018, Nomor 3 Paling Menarik

Rekor ini juga memecahkan pencapaian sebelumnya lebih dari 40 tahun lalu, yakni probe Helios 1 yang jatuh melewati matahari dalam orbit yang sangat elips.

Baca juga: 4 Fenomena Alam yang Akan Membuat Anda Menahan Napas

Pada Desember 2017 dilaporkan, NASA Juno menangkap badai Jupiter yang tampak seperti lukisan Van Gogh, The Starry Night. Foto-foto tersebut menunjukkan sebuah badai besar yang membentuk awan menjadi lingkaran dan oval, dengan panjang setiap awan lebih dari 6.500 kilometer, berwarna biru tua hingga putih.

Juno memotretnya saat penerbangan ke sembilan pada 27 Oktober, hanya 18.906 kilometer dari permukaan planet. Jarak tersebut terbilang cukup dekat, mengingat jarak antara Bumi dan Bulan 384.400 kilometer.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments