Ini Dia Pabrikan Ponsel Terbesar di Dunia

Jakarta - Apple dan Samsung boleh saja menjadi dua nama besar dalam bisnis ponsel di dunia, namun keduanya kini bukan lagi jadi pabrikan ponsel terbesar di dunia.

Pada Q4 lalu, Apple menjual 77,3 juta unit iPhone, sementara Samsung menjual 74,4 juta unit ponselnya. Penjualan unit ponsel kedua pabrikan ini diikuti oleh kenaikan penjualan dari Huawei.

Namun kini untuk pertama kalinya ada perusahaan lain yang bisa disebut sebagai perusahaan pembuat ponsel terbesar di dunia. Perusahaan itu adalah BBK Group, yang merupakan perusahaan konglomerasi asal China, yang berada di balik beberapa perusahaan ponsel, yaitu Oppo, Vivo dan OnePlus.

Menurut lembaga peneliti Counterpoint Research, jika penjualan ponsel dari ketiga perusahaan itu digabungkan pada kuartal terakhir lalu, angkanya sudah menyalip angka penjualan ponsel dari Apple atau pun Samsung.

Pada 2017 lalu, BBK sebenarnya sudah merangsek ke peringkat dua, namun pada Q4 lalu jumlah penjualannya sukses melonjak ke peringkat satu. Angka ini masih bisa melonjak tinggi saat perayaan Tahun Baru China digelar pada Februari ini.

Selain menang dalam jumlah penjualan unit ponsel, BBK Group juga masuk ke dalam lima besar perusahaan dengan keuntungan paling besar dalam penjualan ponsel, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Sabtu (3/2/2018). (asj/asj)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments