Hujan Menjadi Sumber Kehidupan Makhluk Hidup di Bumi

JAKARTA - Hujan yang mengguyur suatu wilayah di Bumi bisa menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Tanah yang kering atau mati bisa mendukung kehidupan apabila telah tersirami dengan air hujan.

Buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dkk mengungkapkan, air hujan dapat menghidupkan tanah yang sudah sangat kering (mati). Bagi mereka yang tinggal di daerah tropis mungkin gambaran mengenai negeri (tanah) yang mati tersebut tidak begitu tampak.

BERITA TERKAIT +

Namun, jika seseorang melihat di daerah Afrika, khususnya pada habitat binatang-binatang liar, maka akan sangat jelas terlihat.

Saat terjadi musim kemarau daerah tersebut menjadi sangat kering seperti negeri yang mati. Sebagian besar wilayah tersebut hanya berupa tanah-tanah yang sangat kering tanpa tumbuh-tumbuhan hijau.

Baca juga: Proses Terbentuknya Hujan Libatkan Peran Angin, Ini Penjelasannya

Hanya sebagian kecil tempat saja yang masih ditumbuhi tumbuh-tumbuhan yang mampu bertahan ketika terjadi musim kemarau. Selain itu juga hanya terdapat sedikit sumber air berupa genangan air yang bercampur dengan lumpur.

Saat terjadinya musim kemarau yang kering, sebagian besar binatang-binatang liar di tempat tersebut bermigrasi. Mereka berpindah tempat untuk mencari sumber makanan dan minuman.

Baca juga: 4 Fakta Seputar Fenomena Hujan dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Selain minim sumber makanan dan minuman, wilayah tersebut juga menjadi sepi karena ditinggalkan hewan-hewan penghuninya.

Selanjutnya, ketika Allah kemudian menurunkan hujan dalam kadar yang telah ditetapkannya, maka wilayah tersebut berangsur-angsur menjadi hijau kembali. Tumbuhan hijau dan beraneka warna hidup memenuhi wilayah tersebut.

Air pun melimpah sebagai sumber air minum dan habitat ikan. Wilayah tersebut menjadi wilayah yang permai seperti tidak akan pernah kering dan gersang.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments