Google Hapus Fitur 'View Images'

Jakarta - Melalui akun Twitter, Google mengumumkan telah menghapus salah satu tombol fitur pada halaman pencariannya yakni View Images (melihat gambar).

"Hari ini kami meluncurkan beberapa perubahan pada Google Images untuk membantu menghubungkan pengguna dengan situs yang bermanfaat. Ini termasuk menghapus tombol View Images. Tombol Kunjungan tetap ada, sehingga pengguna dapat melihat gambar dalam konteks laman web tempat mereka berada," tulis Google.

Seperti diketahui, fitur View Image memudahkan pengguna yang sedang mencari gambar untuk melihat gambar secara keseluruhan yang kemudian bisa langsung disimpan tanpa harus menuju ke alamat websitenya.

Dikutip detikINET dari The Verge Jumat, (16/1/2018) langkah ini merupakan upaya perlindungan hak cipta fotografer serta respons terhadap kecaman dari para fotografer hingga perusahaan penyedia foto seperti Getty.

Google mendapat banyak kecaman lantaran gambar-gambar yang ditampilkan di Google dianggap telah melanggar hak cipta karena pengguna bisa mengambil dengan mudahnya.

Jadi, pengguna masih tetap bisa melihat kumpulan gambar-gambar yang sedang dicari di Google, namun ketika ingin mengklik gambar tersebut pengguna sudah tidak bisa lagi langsung menyimpannya, karena Google akan mengarahkan ke situs gambar itu berasal.

Hal ini sepertinya bisa menyulitkan pengguna yang sering mencari dan menyimpan gambar di Google, sebab banyak situs yang tidak mengizinkan mereka untuk menyimpan gambar alias dikunci.

Sebaliknya, dihilangkannya tombol View Images menjadi keuntungan bagi para pemilik hak cipta foto karena pengguna akan banyak mengklik halaman situs mereka.

Meski Google telah menghapus tombol tersebut, pengguna yang tak ingin ke situs tersebut masih bisa mengakalinya dengan klik kanan lalu simpan gambar. (jsn/rns)

References

  1. ^ pic.twitter.com/n76KUj4ioD (t.co)
  2. ^ February 15, 2018 (twitter.com)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments