Generasi Millenial Lirik Toko Online Beli Kado Valentine

Jakarta - Menyambut Hari Kasih Sayang, generasi milenial bakal berburu hadiah lewat online. Uniknya, mayoritas perempuan yang paling bersemangat memberikan sesuatu pada pasangannya.

Setidaknya itu berdasar survei yang dilakukan Shopback untuk melihat pola perilaku belanja untuk Valentine yang dirayakan setiap 14 Februari. Survei tersebut melibatkan 1.100 respondenn dengan rentang 18-38 tahun di beberapa kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya dan Makassar.

Shopback mendapati 54,9% responden akan membelikan hadiah pada pasangannya untuk Hari Valentine. Lima dari sepuluh perempuan sangat bersemangat memberikan hadiah pada pasangannya.

Sebanyak 47,7% akan membelikan hadiah lewat e-commerce. Jumlah ini meningkat dua kali lipat sebelum toko online populer di Indonesia.

"Sebelum e-commerce marak di Indonesia, sebanyak 74,1% responden biasanya membeli hadiah untuk Valentine di toko offline, dan 25,6% selalu membeli hadiah di toko online," ujar Indra Yonathan, Co-Founder and Country Head of ShopBack Indonesia dalam keterangan yang diterima detikINET, Senin (12/2/2018).

Indra Yonathan, Co-Founder dan Country Head of ShopBack Indonesia.Indra Yonathan, Co-Founder dan Country Head of ShopBack Indonesia. Foto: detikINET/Rachmatunnisa

Ketertarikan responden membeli secara online karena addanya promo dan diskon. Terbukti setengah dari responden (50,1%) mengaku promo dan diskon menjadi pertimbangan utama mereka dalam membeli hadiah valentine di platform e-commerce. Selain promo dan diskon, harga serta kemudahan bertransaksi juga menjadi pertimbangan mereka.

Selain data di atas, ShopBack mendapati sejumlah data menarik lain, salah satunya cokelat menjadi hadiah favorit. Lebih dari setengah responden (50,4%) mengaku lebih menyukai cokelat, sisanya menyukai boneka, cincin, makan malam romantis, kosmetik dan bunga.

Banyak dari responden (45,2%) membeli hadiah-hadiah tadi seminggu sebelum Valentine tiba. Sisanya 3 hari dan sehari sebelum Hari Kasih Sayang.

Rata-rata responden akan menghabiskan Rp 456 ribu untuk membeli hadiah. Bahkan banyak responden akan menyisihkan 15% dari penghasilan mereka untuk merayakan hari Valentine dengan orang terkasih.

(afr/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments