Fitur View Images di Pencarian Google Hilang, Ada Apa?

JAKARTA - Bila pengguna mencari gambar di Google, mungkin pengguna heran karena tidak lagi menemukan fitur View Images. Biasanya, dengan fitur ini, pengguna terbantu untuk melihat gambar dengan lebih jelas.

Akun Twitter Google SearchLiaison mengungkapkan pada 15 Februari bahwa perusahaan membuat beberapa perubahan pada Google Images. "Hari ini kami meluncurkan beberapa perubahan pada Google Images untuk membantu menghubungkan pengguna dan website yang bermanfaat," tweet Google SearchLiaison.

BERITA TERKAIT +

Perusahaan melanjutkan, ini termasuk menghapus tombol View Image atau Lihat Gambar. Sementara itu, tombol kunjungan tetap ada, sehingga pengguna dapat melihat gambar dalam konteks laman web tempat mereka berada.

Kabarnya, langkah ini dilakukan Google demi menjaga hak cipta fotografer. Google mendapatkan dorongan baik dari fotografer atau perusahaan penyedia foto agar tidak menampilkan gambar yang memiliki hak cipta tersebut, sehingga netizen tidak dengan mudah mengambil konten tersebut.

Ketika pengguna melakukan pencarian gambar, maka yang ditemukan ialah pilihan Buka, Simpan, Tampilkan Gambar Tersimpan dan Bagikan. Tertulis di bagian bawah, "Gambar mungkin memiliki hak cipta" dan pengguna tampaknya diarahkan menuju website terkait dengan gambar tersebut.

Baca juga: Google Akuisisi Platform IoT Seharga Rp677 Miliar

Google Permudah Pencarian Berdasarkan Negara

Dilaporkan pada Oktober 2017, fitur baru Google memudahkan pengguna dalam hal penelusuran. Sebelumnya, Google hanya mengandalkan layanan negara yang dapat diidentifikasikan dengan nama domain, kini Anda akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan lokasi di mana Anda berada.

“Jika Anda tinggal di Australia, Anda akan secara otomatis menerima layanan negara untuk Australia, namun saat bepergian ke Selandia Baru, hasil Anda akan beralih secara otomatis ke layanan negara untuk Selandia Baru. Setelah kembali ke Australia, Anda akan kembali dengan mulus ke layanan negara Australia," ujar Evelyn Kao, Product Manager di Google.

Fitur ini sudah bisa dinikmati pada perangkat desktop, web seluler, aplikasi Google untuk iOS dan Maps. Google mengatakan bahwa perubahan tersebut akan memberikan pengguna pengalaman penelusuran yang lebih baik, dan memberi pengguna informasi paling berguna.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments