Fitur Notifikasi Akan Hilang di Windows Phone, Kenapa?

JAKARTA – Microsoft telah mengumumkan bahwa perusahaannya tak akan lagi berfokus pada bisnis smartphone. Hal tersebut juga berimbas pada berbagai smartphone yang menjalankan sistem operasi Windows Mobile.

Dampak lainnya yang kini akan terasa oleh pengguna Windows Phone adalah hilangnya notifikasi. Melalui posting-an di blog resminya, Microsoft mengumumkan bahwa setiap ponsel yang menjalankan sistem operasi Windows Phone 7.5 atau 8 yang lebih lawas tak akan lagi menerima push notifikasi.

BERITA TERKAIT +

Baca: Windows Phone Diprediksi 'Mati' di Kuartal III 2017

Tak hanya itu, fitur yang berfungsi untuk menemukan smartphone juga tak akan lagi bisa dijalankan oleh pengguna.

Windows Phone 7.5 pertama kali dirilis pada 2011, sementara Windows Phone 8 turun pada 2012. Meski dirilis oleh perusahaan yang sama, sistem operasi mereka berbeda.

Handset Windows Phone 7.5 tak bisa melakukan upgrade ke Windows Phone 8. Kedua sistem operasi tersebut tak meraup banyak pengguna pada saat itu dan tampaknya kini tak banyak smartphone yang menggunakan OS tersebut.

Sementara itu, untuk pengguna Windows Phone 8.1 yang dirilis pada 2014, Microsoft menyatakan bahwa semua fungsi dan fitur akan berjalan dengan normal. Namun tentunya hal ini akan berubah seiring dengan perusahaan yang tak lagi mengembangkannya.

Baca juga: Microsoft Akan Hentikan Dukungan pada Windows Phone 8.1

Disisi lain, Windows 10 Mobile yang memulai debutnya pada 2015 akan tetap didukung penuh oleh Microsoft. Semua fitur masih bekerja sama seperti sebelumnya.

Sebelumnya Microsoft menyatakan bahwa pengguna Windows 10 Mobile hanya akan mendapat patch keamanan dan perbaikan kecil. Selebihnya, seperti fitur atau handset baru tak akan lagi dirilis oleh perusahaan. Demikian seperti dilansir Business Insider, Rabu (21/2/2018). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments