Facebook Berencana Rilis Layanan Berlangganan di iPhone

JAKARTA - Facebook berencana merilis layanan berlangganan berbayar untuk platform iOS bulan depan. Update ini memungkinkan penerbit berbagi artikel melalui Facebook untuk melindungi konten mereka.

Dilansir Express, Sabtu (17/2/2018), fitur ini sudah tersedia di ponsel dan tablet Android, namun akan tersedia di iOS menyusul kesepakatan dengan Apple. "Sudah terselesaikan," kata eksekutif Facebook Campbell Brown kepada Recode.

BERITA TERKAIT +

Sayangnya, Brown tidak menjelaskan bagaimana kesepakatannya dengan Apple, namun mengonfirmasi fitur tersebut akan diluncurkan pada 1 Maret 2018.

Penerbit telah meminta Facebook untuk menurunkan jumlah artikel gratis yang bisa dilihat sebelum dikirim ke situs milik penerbit. Sementara itu, Apple saat ini mengenakan biaya 30 persen untuk setiap langganan yang dijual di aplikasi iOS.

Pada Oktober 2017 dilaporkan, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan menguji model berlangganan berita baru di Artikel Instan di seluruh Eropa dan Amerika Serikat, namun, hanya di perangkat Android.

Juli lalu, seperti diberitakan laman The Verge, Artikel Instan akan menyediakan konten berbayar. Baru pada Agustus lalu, Facebook membenarkan akan menambahkan layanan berlangganan di Instant Artikel.

Baca juga: Bos Facebook Messenger Akui Aplikasi Berantakan, Ada Apa?

Penerbit yang berpartisipasi dalam tes tersebut termasuk Bild, The Boston Globe, The Economist, The Houston Chronicle, The San Francisco Chronicle, La Repubblica, Le Parisien, Spiegel, The Telegraph, Tronc (termasuk The Baltimore Sun, The Los Angeles Times dan The San Diego Union-Tribune) dan The Washington post.

Facebook akan membandingkan dua model berlangganan, satu sistem mengizinkan 10 artikel sebelum berlangganan untuk melihat lebih banyak konten dan versi "freemium", penerbit menentukan artikel mana yang gratis dan mana yang berbayar.

Baca juga: Snapchat Jadi Penyebab Anak Muda Tinggalkan Facebook, Kok Bisa?

Menurut laman Recode, Facebook hanya menguji Artikel Instan di Android karena Apple memiliki peraturan untuk berlangganan di dalam aplikasi, menerapkan sistem pembayaran 30 persen untuk mereka dari uang yang dihasilkan melalui penjualan dalam aplikasi.

Saat diperkenalkan pada 2015, penerbit keberatan karena format tidak menghasilkan banyak pendapatan dan tidak menambah jumlah pembaca ke laman mereka.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments