Empat Pemenang NextDev 2017 Diboyong ke Silicon Valley

Jakarta - Empat startup pemenang kompetisi NextDev 2017 diboyong Telkomsel ke Silicon Valley, Amerika Serikat (AS). Di sana, mereka berkesempatan belajar dari praktisi teknologi dan startup ternama.

Perjalanan ke kawah candradimuka startup AS itu dimulai 11 Februari lalu dan akan tiba kembali ke Tanah Air pada 20 Februari mendatang. Dipilihnya Silicon Valley sendiri lantaran menjadi kiblat startup dunia. Harapannya memungkinkan para peserta untuk belajar secara langsung berbagai tren dan pengetahuan terkini dari perusahaan dan startup teknologi terkemuka.

"Rangkaian acara ini bertujuan untuk memberi wawasan, ilmu, dan networking bagi para pemenang terkait berbagai aspek untuk pengembangan startup mereka. Kesempatan berharga ini dapat mengangkat kualitas dan kompetensi para pemenang The NextDev 2017, sehingga dengan begitu mereka dapat terus berinovasi untuk memberikan dampak positif yang lebih besar kepada masyarakat yang lebih luas," ujar Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Sabtu (17/2/2018)

Selama kunjungan para pemenang NextDev 2017, yakni Karapan, CekMata, Squline dan Marlin Booking, sempat ikut dalam acara Startup Grind Global Conference 2018 di Fox Theatre, Redwood City. Acara ini merupakan salah satu konferensi teknologi terbesar di dunia yang menghadirkan beragam pembicara yang berbagi akan trend dan inovasi terkini di dunia digital.

Mereka turut melakukan benchmarking terhadap berbagai aplikasi smart city di UC Berkeley. Bahkan kempatnya sempat melakukan validasi aplikasi masing-masing dengan mendemonstrasikannya di hadapan para mahasiswa.

Empat Pemenang NextDev 2017 Diboyong ke Silicon ValleyFoto: Telkomsel

Selain itu, keempat pemenang NextDev 2017 mengikuti immersion program di Silicon Valley Innovation Centre (SVIC). Para peserta mengunjungi startup dan venture capital terkait serta mengikuti rangkaian workshop selama dua hari. Diharapkan, Karapan, CekMata, Squline dan Marlin Booking mendapatkan wawasan tentang inovasi dan transformasi digital serta untuk mendapatkan benchmark yang relevan dengan startup yang mereka kembangkan.

Tidak ketinggalan, Telkomsel mengajak mereka berkunjung ke kantor-kantor perusahaan teknologi di Silicon Valley, seperti Google, Airbnb, dan Adobe. Marlin Booking yang bergerak di bidang e-transportation, diajak untuk mengunjungi dan belajar lebih jauh di kantor pusat Uber serta Waze.

Sementara Squline yang masuk dalam kategori e-education, berkesempatan balajar ke Equally dan Art in Action. Untuk CekMata yang berkecimpung di industri e-health, melakukan kunjungan ke perusahaan yaitu Omada Health dan LabDoor. Sedangkan Karapan yang merupakan e-agriculture untuk hewan ternak, akan berkunjung ke BovControl dan Edyn.

Sebagaimana diketahui, NextDev merupakan program tahunan Telkomsel untuk menjaring startup yang membuat solusi digital untuk smart city dan smart rural. Tujuan digelarnya kompetisi ini untuk menggali potensi anak muda Indonesia dalam menciptakan mobile apps yang memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat. Di tahun 2017, tercatat lebih dari 1.700 pendaftar ikut serta dalam seleksi kompetisi The NextDev. (afr/afr)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments