Ditemukan Galaksi Baru Menakjubkan, Tetangga Bima Sakti

Jakarta - Teleskop luar angkasa Hubble baru saja menangkap kemunculan galaksi baru yang dinamakan NGC 3344. Penemuan galaksi tersebut berlangsung Rabu (14/2).

Galaksi NGC 3344 terletak di rasi Leo Minor yang jaraknya sekitar 20 juta tahun cahaya dari Bumi. Penampakan sistem bintang tersebut berhasil dijepret dengan sempurna oleh Hubble.

Ditemukan Galaksi Baru Menakjubkan, Tetangga Bima SaktiFoto: NASA

Menurut periset dari Hubble, jika dilihat dari ukurannya, besar NGC 3344 kira-kira setengah luasnya dari Bima Sakti.

Selain itu, NGC 3344 juga termasuk dalam kategori galaksi spiral yang lemah. Kategori spiral tersebut sama halnya dengan Bima Sakti, ditandai dengan adanya bintang sentral di tengah-tengahnya.

"Kemampuan Hubble untuk mengamati benda langit dengan panjang gelombang yang berbeda, memungkinkan kita melihat dari sekedar spiral yang di sekitarnya ada pusatnya yang cantik," sebut periset tersebut dikutip detikiNET dari Space, Kamis (15/2/2018).

Untuk memotret NGC 3344 ini, peneliti menggabungkan citra yang merupakan gabungan gambar melalui filter berbeda, mulai dari sinar near-ultraviolet, optik, dan near-infrared.

"Bersama-sama mereka menunjukkan gambaran galaksi yang lebih lengkap daripada yang bisa dilihat oleh mata manusia itu sendiri," ucapnya.

Sisi menarik penemuan NGC 3344 ini juga yang posisinya berdekatan dengan Bima Sakti, Andromeda, dan lainnya. Meski demikian, belum diketahui apa isi lebih lanjut dari galaksi tersebut. (agt/fyk)