Diretas 4 Jam, Situs Dewan Pers Masih Under Maintenance

JAKARTA – Situs Dewan Pers mengalami peretasan oleh hacker yang belum teridentifikasi. Berdasarkan pantauan Okezone, situs tersebut kini masih tak bisa diakses sebagaimana mestinya.

Ketika situs dengan alamat dewanpers.co.id itu diakses, laman websiter Dewan Pers itu bertuliskan “Under maintenance. We will be back soon”.

BERITA TERKAIT +

Tak jelas apa yang menyebabkan hacker meretas situs ini. Namun aksi peretasan ini bersamaan dengan Hari Pers Nasional (HPN) yang kini diselenggarakan di Padang.

Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo membenarkan aksi peretasan tersebut. Meski begitu, dirinya yang kini tengah di Padang tersebut mengaku belum mendapatkan indentitas dari pelaku.

Ia menuturkan situs Dewan Pers tengah ditangani oleh Bareskrim.

“Diproses oleh polisi. Aparat akan menindaklanjuti (aksi peretasan),” kata Yoseph dihubungi Okezone, Jumat (9/2/2018).

Meski situsnya diretas, ketua Dewan Pers itu menegaskan bahwa aksi tersebut tak menurunkan kinerja lembaganya. Ia juga menyatakan bahwa database Dewan Pers masih utuh.

“Saya tekankan kami tidak terganggu. Yang terganggu adalah masyarakat. Data base masih utuh tidak tersentuh,” terang Yoseph.

Lebih lanjut ia berpesan kepada sang peretas bahwa aksinya meretas situs Dewan Pers akan sia-sia. Pasalnya, situs Dewan Pers ditujukan untuk publik, bukan untuk pihaknya.

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments