Bug Telugu di iOS 11 Bikin iPhone Crash, Kok Bisa?

JAKARTA – Sebuah bug baru ditemukan di iOS dan mengganggu kinerja iPhone. Bug tersebut ditemukan setelah pengguna menerima pesan dengan simbol dalam bahasa India yang dikenal sebagai “Telugu”, berdampak pada kerusakan software.

Ketika pengguna menerima pesan dengan simbol itu, seketika iOS 11 akan terganggu. Aplikasi yang akan dijalankan pun tak memberikan respons.

BERITA TERKAIT +

Baca: Ratusan Pengguna iPhone X Keluhkan BugPanggilan Masuk, Kenapa?

Masalah ini tentu akan mengganggu terlebih jika simbol tersebut disematkan pada aplikasi chat atau email. Pasalnya, Anda akan kesulitan menggunakan aplikasi yang telah terpengaruh tersebut.

Pasalnya pesan yang ditulis dengan simbol Telugu, dapat secara efektif menonaktifkan aplikasi chat atau email. Facebook Messenger misalnya, nonaktif tak lama setelah menerima chat dengan simbol tersebut.

Dalam kasus iPad, aplikasi lain seperti Yahoo Mail terus mengganggu iOS. Pasalnya, aplikasi itu terus menampilkan notifikasi email yang berisi simbol Telugu.

Baca juga: Giliran Apple Akui iPhone 7 Terjangkit Bug 'No Service'

Sayangnya, iOS bukan satu-satunya sistem operasi yang terpengaruh. Bug itu juga bisa menginfeksi MacOS High Sierra (versi 10.13), serta versi baru versi baru tvOS dan watchOS.

Apple sendiri telah menyadari masalah tersebut dan tengah bekerja untuk memperbaiki bug yang mengganggu sistem operasinya itu. Demikian seperti dilansir PCMag, Sabtu (17/2/2018). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments