Awal Mula Teknologi Hoverboard Berawal dari Film

JAKARTA - Hoverboard merupakan teknologi yang menyerupai skateboard. Awalnya, alat ini merupakan suatu konsep yang digunakan di dunia perfilman. Bahkan pada awal 1990-an ada banyak rumor yang dipicu oleh sutradara Robert Zemeckis bahwa beberapa perusahaan berharap dapat memanfaatkan kesuksesan komersial film tersebut dalam membuat hoverboards.

Dilansir dari This Best Hoverboard, pada 1950-an sebuah manufaktur pesawat terbang menghasilkan “Flying Platform” yang memiliki banyak kesamaan dengan konsep modern hoverboard. Informasi yang beredar pada 2001 menegaskan bahwa Ginger sebuah penemuan dari Dean Kamen adalah transportasi listrik roda dua.

BERITA TERKAIT +

Di 2004, sebuah usaha oleh Jamie Hyneman dan timnya membangun sebuah hovercraft dan berhasil. Upaya ini menghasilkan penemuan dan produksi Hyneman Hoverboard, di mana terbuat dari papan selancar dan leaf blower.

Tahun berikutnya sebuah Hoverboard dikembangkan oleh Jason Bradbury untuk The Gadget Show. Ia memproduksinya dengan menggunakan papan kayu yang dilapisi dengan bdblower, tetapi desain awalnya tidak dapat digerakkan. Akhirnya pada 2009 ia membuat versi kedua dengan memasang mesin jet kecil dan dua leaf blower.

Baca juga: Daftar Penemu Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Saja?

Tepat pada 2011 kisah sukses lainnya adalah seorang seniman Prancis Nils Guadagnim. Ia menciptakan sebuah papan melayang yang beroperasi di antara magnet pada dasarnya.

Oktober 2011, kembali diproduksi oleh Universite Paris Diderot yang mempresentasikan seperangkat superkonduktor yang dapat melayang 3 cm dan dilepaskan dengan magnet. Dibandingkan dengan produksi Nil Guadagnim, ini merupakan perbaikan yang di mana bisa mengangkut hingga 100 kilogram.

Baca juga: Berawal dari Coba-Coba, Martin Cooper Ciptakan Ponsel Seluler

Pada Oktober 2014, sebuah prototype hoverboard beroperasi dengan prinsip pengangkatan oleh magnet yang ditunjukkan oleh seorang penemu Amerika, Greg Henderson. Hoverboard ini beroperasi pada prinsip yang sama seperti kereta maglev yang hanya membutuhkan suatu permukaan logam non-feromagnetik seperti aluminium atau tembaga.

Pada akhirnya Hoverboard ini dapat membawa beban 136 kilogram sambil melayang 1 inci di atas permukaan. Perangkat tersebut memiliki empat kekuatan yang didorong ke papan dengan kendali pengguna.

Pada Mei 2015, diumumkan bahwa penemu kelahiran Kanada, Catalin Alexandru Duru menjadi berita utama saat ia diumumkan oleh Guinness World Record. Ia merancang dan membangun sendiri Hoverboard selama satu tahun yang berhasil terbang di atas air dengan jarak sekira 200 meter. Diketahui Duru merupakan nakhoda kapan selam.

Selanjutnya, pada 24 Juni 2015 Lexus merilis sebuah video dalam serial “Amazing in Motion” yang menampilkan hoverboard yang telah dikembangkan. Terlihat bahwa hoverboard beroperasi pada superkonduktor berpendingin nitrogen cair dan magnet yang permanen, selanjutnya papan tersebut bergerak di atas permukaan tanah.

Teknologi Hoverboard pun masih terus berlanjut dengan setiap perusahaan yang berusaha menghasilkan produk terbaik. Hoverboard yang kini ada adalah perkembangan baru yang telah menjadi penemuan di abad ini.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments