Apple Salip Samsung Rajai Pangsa Pasar Smartphone

CUPERTINO – Apple kembali merajai penjualan smartphone dan mengalahkan Samsung. Padalah sebelumnya dikabarkan raksasa teknologi ini mendapati penjualan yang menurun pada tiga kuartal pertama 2017.

Kini berkat jajaran iPhone 8 dan iPhone X, Apple meraup banyak penjualan perangkat di kuartal keempat 2017, sebagaimana data yang dirilis IDC. Apple menjual 77,3 juta iPhone pada kuartal terakhir 2017 dengan pangsa pasar 19,2%.

BERITA TERKAIT +

Baca: Pemerintah AS Selidiki iPhone Lemot, Ini Jawaban Apple

Pencapaian tersebut membuat Apple berada di garda depan menyalip Samsung. Raksasa teknologi Korea Selatan itu sendiri meraup penjualan sekira 74,1 juta perangkat dengan pangsa pasar 18,4%.

Dibandingkan 2016, penjualan Apple secara keseluruhan memang turun sekira 1%. Meski begitu, hasil yang diraup perusahaan masih terbilang baik.

iPhone X sendiri sebagai flagship Apple memang menjadi smartphone termahal sejauh ini. Alhasil smartphone tersebut belum melenggang dengan sempurna sebagaimana flagship Apple sebelumnya. Bahkan dilaporkan Apple akan memangkas separuh produksi iPhone X.

Namun CEO Apple – Tim Cook mengatakan bahwa iPhone X menjadi iPhone terlaris setiap minggunya sejak diluncurkan beberapa waktu lalu.

Secara keseluruhan pengiriman smartphone di seluruh dunia pada 2017 mengalami sedikit penyusutan yakni sekira kurang dari 1%. Pengiriman smartphone pada 2016 tercatat sejumlah 1,473 miliar, sementara di 2017 tercatat sejumlah 1,472 miliar.

Baca juga: Apple Hapus Telegram dari App Store iPhone, Kenapa?

Mempertahakan posisinya, Huawei berada dibelakang Apple dan Samsung dengan pangsa pasar 10,2%. Menariknya, Xiaomi menunjukkan perbaikan menempati posisi keempat dengan pangsa pasar 7%.

Pencapaian tersebut meningkat dua kali lipat dari tahun 2016 dimana Xiaomi meraup pangsa pasar 3,3%. Oppo sendiri posisinya menurun menjadi kelima tepat di belakang Xiaomi. Demikian seperti dilansir CNet, Jumat (2/2/2018). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments