Aplikasi Ini Diklaim Efektif Atasi Hoax

Jakarta - Peredaran informasi palsu atau hoax kerap meresahkan masyarakat. Berangkat dari persoalan tersebut, hadir aplikasi anti hoax oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), salah satu organisasi yang peduli terhadap teknologi digital.

Adalah aplikasi Hoax Buster Tools (HBT) yang diharapkan dapat berperan menekan maraknya penyebaran hoax atau informasi yang tidak jelas kebenarannya.

Harry Sufehmi selaku pendiri Mafindo, menuturkan aplikasi HBT bekerja layaknya mesin pencari. Dikatakannya, pengguna cukup memasukkan konten yang ingin dipastikan kebenarannya melalui HBT.

"Aplikasi HBT dapat mengecek status konten berita, foto, video, maupun akun di media sosial, apakah itu benar atau hoax," kata Harry di Magelang.

Aplikasi Ini Diklaim Efektif Atasi HoaxFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Harry menyebutkan, HBT baru bisa menangkal hoax di lingkungan domestik saja. Dan sejauh ini, HBT tersedia bagi smartphone berbasis Android.

Ke depannya, Harry mengungkapkan akan menyempurnakan HBT agar semakin sempurna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, guna menekan konten hoax.

Langkah Mafindo diapresiasi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Tak hanya kepada Mafindo, Rudiantara juga mengharapkan kalangan masyarakat lainnya dapat terus peduli terhadap perbaikan kualitas bangsa dalam penggunaan internet dan merespon perkembangan teknologi digital.

"Kami harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Kami tidak akan efektif tanpa bantuan dari masyarakat," tutupnya. (rns/rns)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments