Adopsi Android Nougat Kini Salip Marshmallow

JAKARTA – Android Oreo menjadi sistem operasi Google yang terbaru. Namun bukan berarti OS tersebut merajai jajaran OS Android yang telah diadopsi banyak pengguna smartphone.

Terbaru, Android Nougat telah melampaui Marshmallow dan Lollipop yang bahkan telah berusia tiga tahun dan menjadi OS kedua yang banyak digunakan pengguna. Per Februari, adopsi Android Nougat berada di puncak daftar OS yang digunakan pengguna.

BERITA TERKAIT +

Baca: Wih! 1,5 Bulan Dirilis, Adopsi Android Oreo Tembus 0,2%

Android Nougat 7.0 mencatat pertumbuhan 1,2% menjadi 22,3%. Nougat versi 7.1 pun meningkat 1 poin menjadi 6,2%.

Android Oreo 8.0 tampak tumbuh cukup lambat dengan peningkatan hanya 0,8% saja, dan versi 8.1 sebesar 0,3%. Artinya, Oreo hanya diadopsi oleh sekira 1,1% perangkat saja. Meski begitu, jumlah tersebut meningkat ketimbang Oktober 2017 yang hanya 0,2% saja.

Marshmallow yang sebelumnya merajai OS Android di kalangan pengguna turun 0,5% menjadi 28,1. Serupa dengan Marshmallow, Lillipop juga mencatatkan penurunan adopsi menjadi 24,6%.

Baca juga: Akhir 2017, Distribusi Android Oreo Lebih Lambat ketimbang iOS 11

KitKat sendiri diadopsi dengan persentase 12% dan Jelly Bean 5%. Sementara itu, Android Ice Cream Sandwich diadopsi dengan persentase 0,4% dan Gingerbread sebesar 0,3%.

Data tersebut diperoleh dari berbagai perangkat yang mengakses Play Store selama periode tujuh hari. Periode itu sendiri berakhir pada 5 Februari. Demikian seperti dilansir 9to5google, Selasa (6/2/2018). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments