Ada Harris, Penemu Alat Catok Rambut Sejak 1893

JAKARTA - Ada Harris adalah penemu alat pelurus rambut dari Indianapolis daerah Marian, Negara bagian Indiana. Penemuan Harris berbeda dari pelurus rambut lainnya, penemuanya berbentuk datar yang disatukan dengan engsel dan memiliki bagian yang bergigi untuk memisahkan rambut saat ingin meluruskan.

Harris lahir di Kentucky pada 1870. Ia pindah ke Indianapolis bersama ibunya, Anna Toliver saat ia masih kecil. Saat usianya menginjak 18 tahun, dengan gelar lulusan SMA yang ia miliki, ia menjadi guru sekolah.

BERITA TERKAIT +

Dilansir dari Racked, sekian banyak penemuan mengenai pelurus rambut, milik Harris yang sampai sekarang masih terus berkembang. Harris mengatakan bahwa penemuannya berkaitan dengan pelurus rambut yang bertujuan meluruskan rambut keriting terutama pelayanan terhadap pelurusan rambut orang berkulit hitam.

Harris menemukan pelurus rambut tersebut sejak 1893 dan setahun berikutnya ia mengajukan hak paten. Penemuannya sangat mirip dengan penjepit yang memiliki pegangan yang bergantung di bagian tengah sehingga pengguna bisa menjepit secara bersamaan.

Pada 1894 Harris membawa prototipe-nya ke seluruh negeri dari rumahnya kemudian ke California Midwinter International Exposition. Itu adalah tur pameran dunia yang terkenal. Di tempat tersebut ia menunjukkan penemuannya di sebuah bilik dan mencari investor untuk mendukung proyeknya atau perusahaan yang mau membelinya.

Baca juga: Mikhail Kalashnikov sang Penemu AK-47 yang Menyesali Inovasinya

Sampai akhirnya penemuannya tersebut kini menjadi karya dan warisan di zaman modern. Minatnya terhadap pelurus rambut mungkin berubah seiring berjalannya waktu.

Semenjak mengajukan patennya Harris lebih fokus pada pengabdian masyarakat. Ia pindah ke lingkungan Noorwood tempat ia mengajar. Ia mendirikan klub anak laki-laki di 1905 setelah mengumpulkan banyak uang.

Baca juga: Daftar Penemu Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Saja?

Seperti yang ditulis oleh Indianapolis Star pada 1990 dalam sebuah artikel tentang revitalisasi lingkungan sekitar “Harris sibuk dalam mewujudkan ambisi”.

Pada 1912 ia memimpin masyarakat dan mengajar di sekolah negeri perwira gereja Corinthians. Di 1914 klub Harris telah memiliki 300 anggota yang nantinya akan bergabung dengan cabang NAACP di Indianapolis, satu-satunya cabang di negara, di mana wanita memegang posisi kepemimpinan.

Harris adalah satu dari tiga wanita yang menemukan Idle Hands Needle Club seperti yang Dr. Earline Rae Ferguson tulis dalam buku Melangkah Maju: Perempuan Hitam di Afrika dan Amerika. Harris adalah Indianapolis Freeman, di mana pada 1890 ia satu dari sedikit perempuan yang mengendarai sepeda.

Madam Walker

Selain Ada Harris, nama Madam C.J. Walker juga terkenal sebagai perempuan yang menciptakan formula pelurus rambut pertama dan sisir panas. Madam C.J. Walker atau Sarah Breedlove lahir pada 1867.

Dilansir dari Amazing Women History, Sarah mengalami kerontokan rambut di usia muda. Kerontokan rambut adalah masalah yang sangat umum saat ini, sehingga membuat sarah bereksperimen dengan berbagai produk dan pengobatan di rumah sampai pada akhirnya ia menciptakan shampoo dan perawatan rambut sendiri.

Sarah menjual produk dengan nama Madam Walker’s Wonderful Hair Grow dan Madam Walker’s Vegetable Shampoo. Ia merancang khusus untuk wanita berkulit hitam dengan produk yang benar-benar unik.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments