40.000 Lebih E-Book Bisa Diakses Gratis via Opera Mini

JAKARTA – Internet kini tak luput menjadi andalan masyarakat untuk mencari informasi dan referensi. Seiring berkembangnya teknologi, buku pun kini hadir secara digital dengan sebutan buku elektronik atau e-book.

Melalui e-book, kini pengguna bisa dengan mudah mengakses buku dimanapun ia inginkan tanpa harus berkunjung ke perpustakaan fisik. Opera pun kini menghadirkan fitur perpustakaan dalam browser besutannya – Opera Mini, dengan bermitra bersama Worldreader Mobile Web (WRM-Web).

BERITA TERKAIT +

Baca: Fitur Terbaru Opera Lindungi Mobile Browser dari Penambangan Bitcoin

Fitur tersebut bisa Anda akses melalui bookmark yang ada di Opera Mini. Berkat fitur itu, setiap pengguna memiliki perpustakaan digital yang terdiri dari puluhan ribu judul buku yang disediakan Worldreader

Kemitraan Opera dan Worldreader sendiri bermaksud untuk memperluas akses terhadap e-book dan memberdayakan masyarakat Indonesia terkait pentingnya membaca buku untuk meningkatkan berbagai aspek dalam kehidupan.

“Worldreader ingin memastikan bahwa seluruh dunia memiliki akses terhadap buku yang mereka butuhkan dan inginkan. Melalui kerjasama dengan Opera, kami dapat memperluas jangkauan kami termasuk masyarakat Indonesia dan kami pun optimis dapat mencapai target 12 juta pembaca di akhir tahun 2018 ini,” terang Colin McElwee, Co-Founder of Worldreader.

Sementara itu, Jatu Anggraeni - Content Editorial Lead Opera Software AS di Indonesia menyatakan bahwa kemitraannya dengan Worldreader akan menyediakan e-book terbaik yang mudah untuk diakses.

“Kami membawa perubahan ini melalui kerjasama dengan Worldreader, menyediakan lebih dari 40,000 e-book terbaik yang dapat diakses dengan Opera Mini. Kami pun memilih buku yang akan dihadirkan dengan harapan dapat memberikan berbagai buku yang baru, relevan, dan menarik yang tersedia dalam 70 kategori dan dalam 43 bahasa,” ujarnya.

Per Januari 2018, data statista.com menunjukkan fakta bahwa 44% populasi masyarakat dewasa Indonesia menggunakan smartphone untuk mengambil foto dan video. Hanya 3% dari mereka yang menggunakan smartphone untuk membaca buku maupun majalah digital.

Baca juga: 7 Ide Seru Lanjutan Ini Bikin Eksplorasi Bersama Opera Mini Semakin Seru!

Selain itu, studi dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menunjukkan persentase minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,01% atau 1 berbanding 10.000.

Salah satu penyebab dari rendahnya minat baca di Indonesia adalah sulitnya akses terhadap buku. Oleh karenanya, perpustakaan digital yang dapat diakses melalui Opera Mini diharapakan dapat meminimalisir kendala tersebut. (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments