2,8 Juta Millenial di AS Tinggalkan Facebook

Jakarta - Facebook sepertinya tak lagi menjadi favorit generasi milenial. Buktinya di Amerika Serikat (AS), Facebook baru saja kehilangan jutaan penggunanya yang memiliki usia di bawah 25 tahun.

Laporan ini digagas oleh perusahaan bernama eMarketer. Ini memang bukan pertama kalinya eMarketer membuat laporan terkait penuruan pengguna. Akhir tahun lalu, perusahaan ini memprediksi bahwa akan terjadi penurunan 3,4% pengguna Facebook di AS, dengan rentang usia 12 sampai 17 tahun di tahun 2017.

Namun, pada kenyataannya, jumlah pengguna Facebook di AS dengan rentang usia 12 sampai 17 menurun 9,9% di tahun 2017 atau sekitar 1,4 juta pengguna. Angka tersebut tentu tiga kali lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Untuk jumlah keseluruhan, pengguna Facebook di AS dengan rentang usia 12 sampai 17 tahun berkisar 12,1 juta sampai akhir tahun 2017. Ada beberapa alasan di balik penurunan ini.

Yang pertama, seperti dikutip detikINET dari ReCode, Senin (12/2/2018), Facebook disebut kehilangan faktor 'keren' selama beberapa tahun. Dan anak muda punya banyak opsi ketimbang sebelumnya untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.

Selain itu, layanan Facebook sendiri juga berfungsi sebagai penjaga rekaman digital. Namun kebanyakan anak muda sepertinya tidak terlalu peduli menyimpan kehidupannya secara online, setidaknya bukan untuk publik.

Itu menjelaskan mengapa Snapchat dan Instagram, di mana menawarkan fitur populer untuk berbagi foto dan video yang tak permanen, tumbuh pesat di kalangan demografis tadi.

Secara keseluruhan, eMarketer menemukan fakta Facebook kehilangan sekitar 2,8 juta penggunanya di AS di bawah usia 25 tahun tahun 2017 lalu.

Lalu bagaimana dengan tahun Ini? Tahun ini tak begitu membaik. Penurunan terjadi dengan estimasi 2,1 juta.

Penurunan ini terbagi dalam tiga grup di bawah usia 25 tahun, 9,3% di usia di bawah 11 tahun, 5,6% di antara usia 12 dan 17 tahun, dan 5,8% di usia antara 18 sampai 24 tahun. (mag/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments