2018, XL Fokus Bangun Jaringan di Luar Pulau Jawa

Jakarta - Setelah mencatatkan kinerja positif pada tahun 2017, XL Axiata (XL) mulai percaya diri untuk mengembangkan pembangunan jaringan lebih luas lagi. Keseriusan tersebut dibuktikan dengan besarnya porsi Capital Expenditure (Capex) perusahaan untuk di luar Pulau Jawa.

Pada tahun ini, XL menganggarkan belanja modal sebesar Rp 7 triliun yang bersumber dari kas internal. XL akan mengalokasikan 90% dari Capex tersebut akan difokuskan untuk pembangunan jaringan dan IT.

Dari 90% tersebut, diantaranya 15% untuk IT dan sisanya untuk keperluan pembangunan jaringan yang akan dilakukan oleh XL pada tahun 2018. "Pembangunan jaringan ini, 55% dilakukan di luar Pulau Jawa dan 45% di Pulau Jawa," kata Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini melanjutkan di XL Tower, Jumat (2/2/2018).

Sampai saat ini, layanan 4G LTE XL telah menjangkau 30 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesia dengan ditopang sekitar 17 ribu BTS 4G dan 46 ribu BTS 3G. Sementara, itu secara total jumlah BTS XL sampai 2017 sebanyak 101 ribu BTS.

Pembangunan jaringan, seperti BTS ini akan dikerahkan oleh XL pada tahun 2018 yang ditargetkan bisa menyentuh di 17 ribu BTS, angka yang sama dengan total pembangunan BTS pada tahun kemarin.

Direktur/Chief Financial Officer Mohamed Adlan Ahmad Tajudin mengatakan sekitar 55% pembangunan BTS tersebut didirikan di luar Pulau Jawa. Mengingat layanan 3G dan 4G XL sudah bisa dinikmati di Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi.

"Investasi di luar Pulau Jawa akan kita lanjutkan di 2018, kita akan lebih fokus di sana," sebut Adlan. (agt/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments