YouTube Sabet Hak Cipta Film Eminem, Mau Saingi Netflix?

Jakarta - Tidak hanya bertindak sebagai penyedia platform video, belakangan YouTube pun mulai fokus menekuni bisnis layanan streaming film sepeti Netflix. Sebagai kelanjutan dari langkah tersebut, YouTube dilaporkan membeli hak cipta dari film Bodied.

Lewat pengumuman terbarunya, YouTube resmi mengakuisisi film bertema hip-hop satir yang diproduksi oleh rapper Eminem itu. Bodied sendiri disutradari oleh Josep Khan, seorang sutradara yang pernah menggarap video musik beberapa musisi, seperti Katy Perry, Taylor Swift, Lady Gaga, dan Eminem sendiri.

Ia pun pernah berkarya melalui film Detention (2011) dan film balap motor Torque (2004). Sementara untuk aktornya, Bodied diisi oleh bintang seperti Jackie Long, Shoniqua Shandai, Walter Perez, dan Rory Uphold.

Bodied sejatinya tayang perdana di ajang Toronto International Film Festival tahun lalu. Film ini sudah memenangkan penghargaan Grolsch People's Choice Midnight Madness.

Dengan memegang lisensi dari Bodied, seperti dikutip detikINET dari Engadget, Kamis (18/1/2017), YouTube rencananya akan memamerkan film tersebut di Sundance Film Festival bulan Januari ini. Tak hanya itu, film ini nantinya juga akan rilis di cinema akhir tahun dan bisa diakses di YouTube Red.

Langkah akusisi YouTube terhadap hak cipta film disebut sebagai langkah penting, khususnya untuk menyaingi Amazon yang sudah lebih dulu menggempur berbagai festival film. Sebelum film Bodied ini, YouTube mengalahkan Netflix dan Hulu dalam mendapatkan hal cipta 10 episode seri Karate Kid.

[embedded content] (mag/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments