Xiaomi hingga Oppo Usung Layar LED ketimbang OLED

BEIJING – Layar menjadi salah satu komponen utama dalam sebuah smartphone. Layar sentuh yang kini mendominasi fitur smartphone membuat komponen itu dirakit semenarik mungkin oleh berbagai vendor ponsel.

Layar berteknologi OLED kini menjadi tren dalam industri smartphone. Tak ayal jika layar OLED menjadi rebutan banyak vendor.

BERITA TERKAIT +

Namun sayangnya, tak banyak perusahaan yang menyediakan pasokan layar OLED. Alhasil beberapa vendor kewalahan termasuk Xiaomi, Huawei dan Oppo.

Baca: LG Saingi Samsung Pasok Layar OLED untuk iPhone 2018

Samsung disebut telah memasok 50 juta panel OLED ke Appple untuk flagshipnya iPhone X. Jumlah tersebut juga diperkirakan akan meningkat pada 2018.

Kini laporan dari Digitimes yang mengutip sumber menyebutkan bahwa vendor smartphone China termasuk Xiaomi, Huawei dan Oppo berencana untuk mengadopsi panel LED-backlit mini sebagai alternatif pengganti AMOLED.

Layar tersebut dimaksudkan untuk smartphone yang akan dirilis pada paruh kedua 2018. Menurut Digitimes, vendor smartphone China itu juga telah meminta produsen yang berbasis di Taiwan untuk mulai mmeproduksi lampu latar LED mini pada Juni 2018.

Apple yang kemungkinan akan menggunakan panel AMOLED di 2018 menjadi alasan vendor smartphone China mengadopsi massal LED-backlit mini. Jika spekulasi itu akurat, maka pasokan AMOLED Samsung Display tentu akan dikuasai Apple tanpa menyisakan pasokan yang cukup untuk Xiaomi cs.

Digitimes menambahkan bahwa jumlah chip LED mini untuk panel smartphone 6 inci akan turun dari 9.000 menjadi 4.000 melalui perbaikan teknologi dan desain produk. Hal tersebut akan mengurangi biaya produksi dan meningkatkan minat vendor smartphone untuk menerapkan LED-backlighting mini.

Sementara itu menurut Epistar - pembuat chip ternama di Taiwan, pihaknya siap memproduksi chip LED mini dengan peningkatan pengiriman sebesar 15 juta smartphone pada 2018.

Epistar juga mencatat bahwa produksi LED backlighting mini untuk smartphone dan TV kemungkinan akan dimulai pada paruh kedua 2018, dan spesifikasinya diputuskan pada paruh pertama.

Baca juga: Saingi Galaxy Note 8, Apple Kebingungan Amankan Pasokan OLED untuk iPhone

Kabar terkait pasokan OLED yang terbatas memang santer terdengar sebelum iPhone X diluncurkan. Meski kabar ini belum terkonfirmasi, informasi OLED yang terbatas memang benar adanya.

Sebagaimana diketahui, Apple juga disebut berdiskusi dengan LG terkait OLED sebagai alternatif selain Samsung. Demikian seperti dilansir XDA Developer, Senin (15/1/2018). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments