Xiaomi Bakal IPO di Hong Kong, Benarkah?

BEIJING – Xiaomi dikabarkan tengah mempersiapkan diri untuk Initial Public Offering (IPO). Perusahaan asal China itu disebut akan melakukan IPO di Hong Kong, sebagaimana dilaporkan Yicai.

Sumber di bank investasi asing kepada Yicai menyebut bahwa manajemen Xiaomi melakukan pertemuan dengan beberapa bank investasi di Hong Kong selama liburan Natal beberapa waktu lalu. Xiaomi diperkirakan akan segera memilih sposor dan penjamin emisi demi menempuh langkahnya tersebut.

BERITA TERKAIT +

Baca: Xiaomi Redmi Note 5 Terungkap, Usung BezelSuper Tipis

Sumber itu mengatakan bahwa pasar saham Hong Kong saat ini amat diminati oleh perusahaan teknologi, sebagian dikarenakan reformasi sistem daftar IPO.

Berkat IPO, valuasi Xiaomi diperkirakan akan mencapai USD200 miliar. IPO Xiaomi sendiri disebut menjadi IPO yang paling dinanti di 2018.

Jika valuasinya mencapai USD200 miliar, pencapaian tersebut akan menyalip valuasi Baidu saat ini, hingga dua kali lipat. Sebelumnya, valuasi Baidu berdasarkan NASDAQ mencapai USD85 miliar.

Baca juga: Xiaomi Bakal Bangun Pusat Riset dan 100 Mi Store di Indonesia

Valuasi Xiaomi memang terus meningkat. Pada 2014 misalnya, Xiaomi membukukan valuasi mencapai USD46 miliar, meski perusahaannya masih terbilang baru.

Tak hanya itu, Xiaomi juga mendulang pendapatan tahunan melebihi target sebanyak 18% pada 2017, dan diperkirakan meraup laba setidaknya USD1 miliar. Pada 2018 sendiri, Xiaomi diperkirakan meraup untung sekira USD2 miliar. Demikian seperti dilansir Asia Times, Kamis (11/1/2018). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments