Trafik Data Tri Meningkat H-3 Jelang Tahun Baru 2018

JAKARTA – Sudah menjadi hal yang lumrah jika penggunaan layanan operator seluler meningkat kala liburan dan hari raya. Dalam liburan Natal dan tahun baru lalu Tri mencatat lonjakan hampir 150%.

Jumlah tersebut meningkat ketimbang periode yang sama di tahun lalu. Lonjakan trafik data didominasi oleh aktivitas sosial media, game, aplikasi video dan messenger atau chat yang digunakan pelanggan Tri untuk mengabadikan momen Natal dan tahun baru 2018.

BERITA TERKAIT +

Lonjakan trafik terjadi mulai H-3 di hari raya Natal dan tahun baru. Pencapaian ini sekaligus sebagai lonjakan tertinggi (di H-3 pada perayaan tersebut) yaitu 9,5% pada Natal dan melonjak 9,7% di perayaan Tahun Baru, dibandingkan dengan trafik hari biasa.

Trafik data Tri di hari biasa sendiri rata-rata mencapai 4.200 Tb/hari. Beberapa kota yang mengalami lonjakan tertinggi yakni Yogyakarta, Batam, dan Balikpapan.

Sebelumnya, Tri juga telah mengantisipasi lonjakan itu dengan optimalisasi dan pemantauan intensif jaringan khususnya di daerah-daerah tujuan wisata dan pusat-pusat perayaan pergantian tahun. Operator bernuansa oranye itu juga menempatkan mobile BTS di titk –titik keramaian.

Lonjakan trafik disebut Tri juga dipicu oleh jaringan 4G yang semakin mudah. Sebagai informasi, jaringan 4G LTE Tri telah menjangkau 234 kota dan kabupaten, 7.300 pedesaan di Indonesia. (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments