Terungkap Cara Hewan saat Berkomunikasi Dijelaskan Alquran dan Sains

JAKARTA - Penelitian menunjukkan bahwa hewan memiliki bahasa atau cara berkomunikasi yang unik. Misalnya semut, hewan ini bisa berkomunikasi menggunakan bahan yang bersifat kimiawi.

Dalam buku Tafsir Ilmi 'Hewan dalam perspektif Alquran dan Sains' yang disusun oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan mengenai sistem komunikasi pada hewan.

BERITA TERKAIT +

Terungkap bahwa hewan melakukan komunikasi dengan berbagai cara, di antaranya dengan feromon, suatu hormon yang mengeluarkan bau dan dihasilkan oleh satu atau lebih kelenjar pada tubuhnya.

Baca juga: Keunikan Lebah Madu Menurut Alquran & Sains

Dalam ayat Alquran, terungkap mengenai komunikasi yang dilakukan oleh semut. "Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan). Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari," Surah An-Naml Ayat 17-18.

Buku Tafsir Ilmi mengungkap, ayat ini menggambarkan sistem komunikasi di antara semut, yang sangat mungkin menggunakan bahan yang bersifat kimiawi.

Bila seekor serangga, misalnya, mengeluarkan feromon, maka serangga sejenis lainnya akan menerimanya dengan cara mencium baunya atau menyentuhnya, dan bereaksi sesuai dengan maksud dikeluarkannya hormon tersebut.

Baca juga: Cara Berkomunikasi Lebah Dijelaskan dalam Alquran dan Sains

Feromon banyak dikenal dalam kaitan dengan urusan kawin pada dunia hewan. Hewan betina akan memproduksi feromon untuk "mengiklankan" bahwa dirinya sudah siap kawin.

Hewan jantan akan menciumnya dan segera menghampiri betinanya. Senyawa kimia adalah salah satu bahan yang digunakan hewan untuk berkomunikasi.

Komunikasi juga dapat hewan lakukan dengan bersentuhan langsung, dengan menggunakan suara, dan juga dengan ekspresi dalam bentuk warna.

Berkomunikasi dengan suara banyak ditemukan pada burung dan kelompok kera, sedangkan komunikasi dengan warna seringkali ditemukan pada cumi-cumi karang.

Hewan memiliki cara untuk memberitahu sesuatu kepada jenisnya dengan berbagai cara yang mereka kuasai. Begitu pula dengan bunga, misalnya, bisa berkomunikasi (misal dengan warna dan bau) tentang tingkat kesiapan penyerbuknya dengan kelelawar, kupu-kupu, lebah, lalat, dan sebagainya.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments