Teknologi Vending Machine Berkembang Sejak Zaman Yunani Kuno

JAKARTA - Vending machine kini dapat dengan mudah ditemui di tempat umum. Dari minuman, makanan, hingga mainan dapat dibeli dengan mudah hanya dengan memasukkan sejumlah uang sesuai ketentuan. Namun, tahukah Anda asal mula dari vending machine?

Pada zaman Yunani kuno, terdapat sebuah vending machine yang didirikan di kuil Mesir untuk mengeluarkan air. Alat tersebut merupakan mahakarya Hero of Alexandria, seorang matematikawan dan insinyur Yunani.

BERITA TERKAIT +

Meski mesin tersebut lahir pada 215 SM, vending machine mulai masuk ke dunia komersial pada 1880-an. Saat itu pula, penerbit sekaligus pemilik toko buku bernama Richard Carlisle mempersembahkan vending machine buku-buku. Pada 1867 vending machine penjual prangko pun mulai muncul.

Baca juga: Alibaba Mungkinkan Pelanggan Beli Mobil Pakai Vending Machine

Pada 1888, Thomas Adams Gum Company memperkenalkan vending machine pertama ke Amerika Serikat. Mesin yang menjual permen karet Tutti-Fruiti tersebut dipasang di kereta bawah tanah di New York City dan dijual.

Baca juga: Like di Instagram Bisa Dibeli Lewat Vending Machine

Pada 1902, terjadi kemajuan besar dalam konsep vending machine dan muncul coin operated restaurant, yakni restoran layanan otomatis dengan memasukkan koin. Restoran yang bernama Horn & Hardart di Philadelphia tersebut melayani masyarakat selama 60 tahun.

Konsep awalnya berakar dari Jerman, tetapi restoran tersebut membuat konsep otomatis menjadi lebih mudah digunakan dan diterima oleh orang-orang di seluruh dunia. Restoran semacam itu sangat populer di Belanda bahkan sampai sekarang.

Selanjutnya, pada 1907 gumball vending machine mulai diperkenalkan. Pada 1900, vending machine mulai meyajikan minuman soda dan pada 1930 vending machine penjual minuman ringan dingin mulai terpasang.

Coca Cola mulai datang dengan vending machine oleh Vendolatio pada 1937, kemudian diikuti dengan munculnya vending machine yang paling banyak digunakan, yakni mesin kopi.

Konsep ‘coffee breaks’ mulai hadir pada 1946 saat vending machine kopi pertama kali didirikan. Dengan kemajuan teknologi, penggiling kacang dan mesin kopi berbagai rasa juga terwujud.

Kembali pada 1926, William Rowe menciptakan vending machine penjual rokok. Namun, seiring waktu mesin tersebut mulai berkurang di AS karena kekhawatiran pembeli di bawah umur.

Di negara lain, vendor-vendor telah menangani masalah ini dengan meminta verifikasi usia dari SIM, kartu bank, atau kartu identitas sebelum pembelian. Hingga kini, vending machine rokok masih umum di Jerman, Austria, Italia, Republik Cheska, dan Jepang.

Industri vending machine melonjak pada 2006, saat pemindai kartu kredit mulai umum di vending machine. Dalam sepuluh tahun, hampir setiap vending machine menerima pembayaran kartu kredit sehingga membuka peluang penjualan barang mahal melalui mesin tersebut.

Kemungkinan, vending machine di masa depan akan mengenali identitas Anda dan menyesuaikan pelayanan dengan minat dan selera Anda. Sebuah proyek penelitian mengatakan bahwa pada 2020, 20% vending machine akan menjadi mesin cerdas dengan setidaknya 3,6 juta unit yang mengetahui siapa Anda dan apa yang Anda sukai.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments