Sosok Sang Dermawan yang Tebus Hutang Nigeria Rp 980 Miliar

Jakarta - Ada tiga hal umum yang diketahui publik tentangan Bill Gates. Orang terkaya di dunia, Microsoft, dan aksi filantropi seperti baru-baru ini dilakukannya dengan menebus hutang pinjaman Nigeria ke Jepang sebesar USD 76 juta atau sekitar Rp 980 miliar.

Terlepas dari semua itu, ada fakta-fakta menarik yang jarang diungkap ke permukaan menyangkut Gates. Berikut 17 fakta yang mungkin belum Anda ketahui mengenai suami dari Melinda Gates ini, seperti dikutip Business Insider, Rabu (17/1/2018).

1. Sebagai seorang remaja di Lakeside Prep School, Gates menulis program komputer pertamanya di komputer General Electric. Perangkat tersebut adalah versi tic-tac-toe, di mana Anda bisa bermain melawan komputer.

2. Suatu ketika, kemampuan coding ini diketahui pihak sekolah. Alhasil, Gates ditugaskan untuk menulis program komputer absen siswa di sekolahnya. Gates pun bertingkah usil, di mana ia menempatkan dirinya di kelas yang banyak gadis cantiknya.

3. Menghabisi masa remajanya dengan membaca seluruh rangkaian World Book Encyclopedia.

4. Gates mencetak nilai hampir sempurna yang mendekati 1590 dari 1600 dari skor di SAT (tes standar untuk penerimaan beasiswa baru di perguruan tinggi di AS).

5. Gates tidak lulus kuliah. Dia meninggalkan Harvard University pada tahun 1975 dan memilih mengabadikan sepenuhnya kepada pengembangan Microsoft.

6. Dua tahun setelah keluar dari Harvard University, Gates ditangkap Di New Mexico gara-gara mengemudi tanpa SIM dan menerobos lampu merah.

7. Semasa di Microsoft, Gates sempat menghafal nomor karyawannya untuk mengawasi saat datang dan pergi ke kantor.

8. Gates menyukai mobil merek Porsche. Ia sempat menunggu 13 tahun menunggu persetujuan otoritas setempat untuk mendapatkan secara resmi mobil sport Porsche 959.

9. Sejak 1997, Gates kalau berpergian menggunakan pesawat pribadinya yang bernama Big Splurge.

10. Gates mengumpulkan karya tulis Leonardo da Vinci, salah satunya Codex Leicester yang diraihnya di acara lelang pada 1994 seharga USD 30,8 juta.

11. Meskipun dikarunia harta melimpah, Gates tidak akan mewariskan kekayaan itu kepada anaknya. Gates mengatakan anak-anaknya hanya mewarisi USD 10 juta per orang. "Meninggalkan anak-anak sejumlah besar uang, tidak akan menguntungkan mereka," sebutnya.

12. Setiap hari Gates menghabiskan waktu dengan yayasannya, tetapi ia masih bekerja untuk Microsoft dalam 'personal agent'.

13. Bila Microsoft tidak sebesar saat ini, Gates mungkin berprofesi sebagai peneliti kecerdasan buatan (AI).

14. Terlepas dari AI, Gates mengungkapkan di dalam sebuah kamp yang mengkhawatirkan kecerdasan super.

15. Weezer dan U2 adalah dua kelompok musik favorit Gates.

16. Gates rajin membaca. Dia mengaku membaca 50 buku dalam setahun. "Membaca masih merupakan cara utama saya agar bisa belajar hal-hal baru dan menguji pemahaman saya," ucapnya.

17. Gates sangat menyesal ia tidak bisa berbahasa asing. Itu adalah penyesalan terbesar di hidupnya sejauh ini. (agt/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments