Samsung Bicara Masa Depan IoT pada CES 2018

LAS VEGAS – Era digital semakin mendorong terwujudnya Internet of Things (IoT) dalam waktu yang lebih cepat. Beberapa sektor bahkan telah menerapkan teknologi IoT, meski belum sepenuhnya.

Berbagai vendor juga berlomba-lomba menghadirkan perangkat IoT demi menghubungkan bermacam perangkatnya.

BERITA TERKAIT +

Baca: Speaker Pintar Samsung Saingi Amazon dan Apple di 2018

Samsung turut meramaikan pasar IoT melalui berbagai produk besutannya. Dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2018, perusahaan asal Korea Selatan tersebut memaparkan rencananya untuk mengembangkan perangkat IoT.

Perusahaan menargetkan semua perangkatnya terintegrasi melalui internet pada 2020 mendatang.

“Kami berkomitmen untuk mempercepat pengadopsian IoT untuk semua orang dan membuat cerdas seluruh perangkat Samsung yang saling terkoneksi pada 2020. Peningkatan ini akan membantu konsumen mendapatkan manfaat dari kehidupan yang saling terhubung dengan lancar dan mudah,” kata Hyunsuk (HS) Kim, President, Head of Samsung Consumer Electronics Division and Samsung Research.

Demi mewujudkan target tersebut, Samsung bekerjasama dengan Open Connectivity Foundation (OCF) untuk menentukan standar industri. Sebagai informasi, OCF merupakan badan standardisasi IoT terbesar di dunia.

Mulai musim semi 2018, Samsung akan menyatukan aplikasi IoT-nya, termasuk Smart Home, Smart View dan lainnya dalam aplikasi SmartThings untuk menghubungkan dan mengontrol perangkat apapun yang terhubung dengan SmartThings langsung dari telepon, TV, ataupun mobil, melalui satu aplikasi.

Selain itu, Samsung berencana untuk menghubungkan HARMAN Ignite ke SmartThings Cloud, memindahkan pengalaman IoT dari rumah ke mobil. Integrasi tersebut akan memungkinkan konsumen untuk mengatur peralatan di rumah yang saling terkoneksi dari mobil maupun sebaliknya.

Baca juga: Samsung hingga LG Pamer Smartphone di CES 2018?

Di tahun ini, Samsung juga menjanjikan Bixby – asisten digital besutannya, untuk mengontrol berbagai perangkat rumahannya. Artinya, perangkat Samsung seperti televisi akan bisa dikendalikan oleh Bixby.

Sebagaimana diketahui, Bixby merupakan asisten suara buatan Samsung yang telah terpasang pada beberapa smartphone. Kedepannya, Bixby akan dirancang menjadi lebih cerdas untuk mengontrol berbagai perangkat IoT. (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments